Berbagai Inovasi PKK Tanah Hitam Dinilai Tim Provinsi

More articles

spot_img

Padang Panjang, investigasi.news — Tim Penilai Provinsi Sumatera Barat lakukan penilaian lapangan terhadap TP PKK Kelurahan Tanah Hitam, Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB), Selasa (7/5/2024).

Berbagai program dan inovasi TP-PKK Kelurahan Tanah Hitam ditampilkan di hadapan tim penilai yang dipimpin Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Harneli Bahar Mahyeldi yang turut didampingi Ketua Bidang I TP PKK Kota, dr. Fitriyana Winarno, Sp.A, M.Biomed.

Setidaknya ada empat lokasi di Tanah Hitam yang dikunjungi Harneli dan tim. Di antaranya sekretariat PKK di kantor lurah setempat, Rumah Kreatif Remaja Hebat Peduli Masa Depan (Remheli Mapan), Rumah Sehat Percontohan serta Kampung Mandiri Berkah.

Ketua TP PKK Tanah Hitam, Nyonya, Liza Silfia Wetriko menyebutkan, berbagai program dan inovasi yang langsung bersentuhan dengan kehidupan keluarga di
masing-masing pokja tidak terlepas dari bimbingan dari PKK Kota dan PKK Kecamatan.

“Pembinaan berjenjang menjadi kunci keberhasilan jalannya program ini dan lahirnya berbagai inovasi PKK Kelurahan. Semua yang kita lakukan, kita dokumentasikan sebagai kelengkapan adminitrasi,” ungkapnya.

Dijelaskannya, berbagai inovasi telah lahir pada masing-masing pokja PKK Tanah Hitam.

“Di Pokja 1 kita punya Arsat Saliga (ayah hebat sayang lindungi keluarga). Kemudian ada Numbers yaitu menabung beras untuk kepedulian pada keluarga yang tertimpa musibah. Serta, Gemilang atau gerakan peduli kemalangan. Juga ada pemanfaatan limbah perca kain menjadi berbagai aksesoris di Pokja 2,” jelasnya.

Ditambahkannya, di Pokja 4 ada inovasi Centiga Asik Topung (cegah stunting dengan ASI eklusif dan totok punggung), Meja Sejati (menggunakan jamban sehat jauhi bakteri), Gigiah Lenting (gerakan ibu giat dan hebat cegah stunting) serta Daro Rumah (tidak merokok di rumah).

Sementara Umi Harneli berharap berbagai program PKK Tanah Hitam tersebut dapat berjalan dan tercatat dengan baik. “Ibaratnya ada hitam di atas putih, ada dokumentasinya, serta sesuai pendataannya,” tuturnya.

Harneli juga memuji rumah sehat percontohan yang ada di Kelurahan Tanah Hitam ini. “Rumah ini masih bagus dan bersih, walaupun ini merupakan konstruksi lama yang masih dipertahankan. Di bagian belakang juga bersih terlengkapi semua indikatornya,” tutur Harneli. (andes/kamal)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img