Dibuka PJ Wako Sonny, TPQ Nurul Huda Ganting Gelar Khatam Qur’an

Padang Panjang, investigasi.news — Dibuka Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M,Si, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Huda, Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) gelar Perayaan Khatam Al-Qur’an, Ahad (4/2).

Khatam Al-Quran diikuti 25 santri. Sebanyak 16 di antaranya berhasil menghafal 1 Juz. Acara alek nagari ini berlangsung semarak yang diawali pawai, serta pertunjukan seni tari dan marching band. Turut hadir, Anggota DPRD, Dr. Novi Hendri, S.E, M.Si, Zulfikri, SE, serta sejumlah tokoh masyarakat.

Pj Wako Sonny menyampaikan apresiasi kepada pantia dan pengurus masjid telah melaksanakan Khatam Qur’an. Kegiatan ini menunjukkan kehidupan keagamaan sangat kental di Ganting. Menurutnya, kekompakan masyarakat Ganting sangat tinggi. Warga penuh ide kreatif dan hidup rukun.

Dikatakannya lagi, Masjid Nurul Huda Ganting merupakan salah satu lokasi Smart Surau. Sebuah program hasil kerja sama dengan Ruangguru. Melalui Smart Surau ini anak-anak bisa belajar agama dan hal positif lain lewat sebuah aplikasi.

Lebih lanjut, Pemko dan DPRD sepakat menganggarkan Khatam Qur’an serentak dengan anggaran APBD, mengingat biaya yang cukup besar.

“Jadi diharapkan bisa membantu memudahkan dan meringankan. Tapi tidak mengurangi khidmatnya acara,” ujarnya.

Guna membangun sumber daya manusia banyak program yang dilakukan Pemko. Seperti kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi. Lalu memberikan beasiswa bagi keluarga kurang mampu yang memiliki nilai tinggi serta keinginan melanjutkan pendidikan.

“Tidak ada lagi istilah terkendala biaya. Setiap niat baik akan ada jalannya. Kalau terkendala biaya kesehatan, sudah ada jaminan kesehatan untuk berobat ke Puskesmas, rumah sakit, hingga rujukan,” sebutnya.

Begitu pun jaminan ketenagakerjaan bagi pekerja sektor Informal. Mereka diberikan jaminan BPJS Ketenagakerjaan bila terjadi kecelakaan bekerja. Ini wujud kehadiran pemerintah di tengah masyarakat. Kendati begitu, Pemko siapa menerima masukan guna bersama membangun kota.

Sebelumnya, Ketua Pengurus Masjid Nurul Huda Ganting, Masrizal Datuak Lelo Anso mengatakan, Khatam Qur’an tahun ini merupakan yang terbaik dari tahun sebelumnya karena 16 orang di antaranya hafiz 1 juz.

“Semoga bisa ditingkatkan tahun berikutnya mencapai 2 Juz. Terima kasih atas perhatian pemerintah yang telah menghadirkan Smart Surau. Terima kasih atas dukungan LPM, Karang Taruna, dan seluruh pihak,” tuturnya. (harris)

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles