Operasi Keselamatan Singgalang 2024 Dimulai, Warga Diimbau Tertib Berlalu Lintas

More articles

spot_img

Padang Panjang, Investigasi.news – Ditandai dengan Apel Gelar Pasukan dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan yang dipimpin Kapolres Padang Panjang, AKBP Kartyana Widyarso Wardoyo Putro, SIK, M.AP di halaman Mapolres, Sabtu (2/3), Operasi Keselamatan Singgalang 2024 resmi dimulai Senin (4/3) hingga 14 hari ke depan yang berakhir 17 Maret mendatang.

“Operasi ini bertujuan menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta tingkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Sehingga tercipta kamseltibcar lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas-red) menjelang Operasi Ketupat 2024,” kata Kartyana.

Ia mengimbau masyarakat untuk lebih tertib dan disiplin dalam berlalu lintas. Dirinya berharap dengan operasi ini dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di setiap ruas jalan serta dapat meminimalisir fatalitas korban lakalantas.

“Ada tujuh pelanggaran prioritas yang akan menjadi target pada Operasi Patuh Singgalang 2024. Di antaranya berkendara di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, menggunakan ponsel saat berkendara, menerobos lampu merah, tidak memakai helm, melawan arus, pengemudi yang tidak menggunakan safety belt dan penggunaan knalpot tidak sesuai spesifikasi. Serta mengemudikan ranmor ugal-ugalan serta pelanggaran over dimension dan overload,” ungkapnya.

Guna mencapai hasil yang optimal, Kartyana menyampaikan beberapa penekanan. Di antaranya melaksanakan pemetaan terhadap lokasi rawan kemacetan, pelanggaran dan lakalantas.

Lalu melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang kamseltibcar lantas melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet, pembagian stiker melalui media cetak elektronik maupun medsos.

“Melaksanakan patroli dan penjagaan pada lokasi rawan kemacetan, laka dan pelanggaran lalu lintas. Serta melaksanakan dakgar lantas (penindakan pelanggaran lalu lintas-red). Menggunakan etle statis dan mobile serta blanko teguran,” paparnya.

Dalam pelaksanaan operasi keselamatan ini, tambahnya, perlu dilakukan upaya preemtif dan preventif. Maksimal untuk menanggulangi segala bentuk potensi gangguan (PG), ambang gangguan (AG) dan gangguan nyata (GN) yang berpotensi mengganggu kamseltibcar lantas.

Kartyana berharap kerja sama dari semua elemen masyarakat untuk kelancaran dalam Operasi Singgalang 2024 ini sehingga bisa terciptanya kenyamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas.

Sementara itu Penjabat (Pj) Sekdako, Winarno yang turut hadir pada Apel Gelar Pasukan, berharap dengan dilaksanakannya operasi ini, kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas akan meningkat. Serta turunnya angka pelanggaran maupun fatalitas korban lakalantas.

“Kepada masyarakat, mari bersama-sama untuk lebih tertib berlalu lintas. Siapkan semuanya, kendaraan, fisik, surat-surat, taati peraturan yang ada saat berlalu lintas. Sehingga kita secara bersama-sama menyelamatkan anak bangsa,” sebutnya.

Turut hadir dalam apel tersebut, Danramil, Wadan Secata, Danyon Brimob, Dansub Denpom, Dishub, Satpol PP Damkar, Dinas Kesehatan dan undangan terkait lainnya. Km

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img