Bawaslu Pasbar Launching Kampung Pengawasan Zero Politik Uang

More articles

Pasbar, investigasi.news-Untuk menekan terjadinya, praktek Politik Uang, maka Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), melaksanakan sosialisasi untuk untuk mengajak masyarakat melakukan pengawasan partisipatif pada Pemilu 2024 mendatang.

Sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif itu bertema “Launching Nagari Pengawasan Zero Politik Uang” itu, dihadiri oleh seratusan peserta yang dilaksanakan di Gedung KSB Manjunjung Bilang, Jorong Sungai Aur, Nagari Salinga Muaro, Kecamatan Sungai Aur, Selasa (10/10) kemarin.

Ketua Bawaslu Pasbar Wanhar didampingi Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Beldia Putra mengatakan Bawaslu Pasbar terus melaksanakan kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan pengawasan partisipatif berbagai kalangan masyarakat.

Ia mengatakan, Bawaslu Pasbar, melaksanakan sosialisasi pemilu untuk meningkatkan pengawasan partisipatif di kalangan masyarakat supaya tidaka ada terjadi Money Politik ditengah-tengah masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Hamsuardi Sampaikan Nota Pengantar Rancangan KUA PPAS TA 2025

Tidak itu saja, kita mengandeng perangkat Pemerintah Nagari, ASN, pemuda, kaum perempuan, kelompok potensial, organisasi kepemudaan, dan media ditandai dalam pemukulan gong bersama, pertanda Launching Kampung Pengawasan Zero Politik Uang di Pasbar kita gaungkan, “ujar Wanhar.

Dikatakan Wanhar, kita dari Bawaslu dan jajaran hingga ke tingkat Nagari dan Kecamatan, memiliki peran aktif untuk melakukan pengawasan karena itu lah kerja kita yang sesuai dengan Undang Undang.

“Kalau pemilu itu tidak diawasi maka pemilu itu tidak akan berkualitas dan tidak berintegritas.”ungkapnya.

Ditambahkan Beldi Putra, maka kontribusi utama pengawasan pemilu itu selain mendorong terwujudnya pelaksanaan pemilu yang berkualitas secara teknis, kita juga mengajak masyarakat untuk tahu dan paham apa itu pelanggaran pemilu dan politik uang, kata Beldi.

Baca Juga :  Pt Anam Koto Serahkan 4 Ekor Sapi Untuk Qurban

Kita berharap Pemilu pada bulan Februari tahun 2024, nanti akan berjalan dengan sukses, aman damai dan tentram, maka dari itu, para ASN, jangan coba-coba bermain api dalam Pemilu mendatang, setipa kita tentunya punya pilihan, tapi jangan pula ikut langsung dalam mengkampayekan salah satu Paslon yang ikut Pemilu,”tegas Beldi.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Pasbar, Syaikhul Putra mengatakan , politik uang dalam pemilihan pemimpin maupun wakil rakyat tidak saja menghilangkan kesempatan munculnya pemimpin dan wakil rakyat yang berkualitas.

Pemerintah daerah mengapresiasi inisiatif dan inovasi Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat yang telah menyelenggarakan Launching Nagari Pengawasan Zero Politik Uang

Ia menyebutkan Pemkab juga mendukung langkah Bawaslu Pasbar, dalam mendorong pemerintah Nagari serta masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu 2024 dan menghindari politik uang dan politisasi SARA demi terselenggaranya Pemilu 2024 yang demokratis dan berintegritas.

Baca Juga :  Bantu Korban Banjir, Pemkab Pasbar Dirikan Dapur Umum

“Launching Nagari Pengawasan Zero Politik Uang merupakan ide inovatif dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjadi pemilih yang cerdas, tidak mudah diimingi-imingi oleh janji sejumlah uang,” pungkasnya

Kegiatan itu disambut penampilan tradisional Gondang Sembilan Salumpat Saindege Raja Junjungan Sungai Aur dan dihadiri oleh, Komisioner KPU Pasaman Barat, Dinas DPMN, Kesbangpol, Camat, TNI, Kapolsek Lembah Melintang, Panwascam, tokoh adat, kelompok tani tokoh masyarakat dan puluhan perangkat nagari diwilayah tersebut. (Malin)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest