Bupati Hamsuardi Resmikan Pemekaran Wilayah Kejorongan di Dua Nagari

More articles

spot_img

Pasbar, investigasi.news-Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi meresmikan pemekaran wilayah kejorongan di Nagari Situak Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang dan di Nagari Muaro Kiawai Barat, Kecamatan Gunung Tuleh, Rabu (17/1).

Dalam sambutannya, Bupati Hamsuardi menyebutkan bahwa Nagari Situak Ujung Gading saat ini sudah banyak mengalami perkembangan. Ia berharap generasi muda dan tokoh masyarakat setempat dapat mempertahankan serta menjadikan pemekaran sebagai pemersatu dan tidak boleh memecah kebersamaan serta adat istiadat.

“Kita berharap Tombang Jarung ini menjadi ibukota Nagari Situak Ujung Gading yang akan lebih cepat maju dibanding daerah lainnya. Tentu masih banyak yang akan kita perbaiki, namun ini akan tetap menjadi pusat berbagai kegiatan Nagari Situak Ujung Gading. Selain itu, kita berharap masyarakat bekerjasama dalam pembebasan jalan agar pembangunan akses jalan penghubung yang hendak kita usulkan pembangunannya dapat kita lanjutkan,” ucapnya di Nagari Situak Ujung Gading.

Sementara di Nagari Muaro Kiawai Barat, ia menegaskan bahwa setelah peresmian pemekaran wilayah kejorongan itu harus segera memilih pelaksana tugas jorong di masing-masing kejorongan. Sebagai jorong, wali nagari dan bamus serta perangkat lainnya juga harus mensosialisasikan program unggulan Pemda Pasbar.

Disamping itu, Tokoh Masyarakat Nagari Situak Ujung Gading, Zulhardi mengucapkan terima kasih kepada Pemda Pasbar atas terlaksananya pemekaran 4 kejorongan baru di Nagari Situak Ujung Gading. Ia menghimbau, agar masyarakat membina kerukunan dan tidak ada perselisihan demi kemajuan Nagari Situak Ujung Gading dimasa yang akan datang.

“Wilayah Nagari Situak Ujung Gading ini cukup luas, semula Nagari Situak Ujung Gading memiliki 2 kejorongan dan sudah bertambah 4 kejorongan. Namun, jalan penghubung Situak dan Situak Barat sangat kami butuhkan. Untuk itu kami berharap, ke depan masyarakat Situak Ujung Gading dapat menikmati akses jalan yang memadai dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,” tangkasnya.

Tokoh Masyarakat Nagari Muaro Kiawai Barat Khairul Ikhwan menyebutkan peresmian pemekaran wilayah kejorongan itu merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Nagari Muaro Kiawai Barat. Ia menjelaskan, sebelumnya Nagari Muaro Kiawai Barat memiliki 2 kepala jorong yang mengurusi lebih kurang 1000 KK. Bertambahnya 2 kejorongan lagi lanjutnya, diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat Nagari Muaro Kiawai Barat.

Wilayah Kejorongan di Nagari Situak Ujung Gading diantaranya Jorongan Situak, Jorong Situak Barat, Jorong Tombang Sepakat Situak, Jorong Kampung Tengah Situak, Jorong Rojang Hutarimbaru Situak, Jorong Roba Julu Situak. Sementara wilayah kejorongan di Nagari Muaro Kiawai Barat diantaranya Jorong Kampung Alang, Jorong Kampung Alang Tuleh, Jorong Simpang Tiga Alin, dan Jorong Simpang Tiga Alin Tagak.

Turut hadir pada kesempatan itu, Kaban Kesbangpol Devi Irawan, Kadis Perpustakaan dan Arsip Muharram, Kadis Kesehatan Hajran Huda, Kadis Ketenagakerjaan Azhar, Sekretaris DPMPTSP, Direktur RSUD Ujung Gading, perwakilan tokoh masyarakat Simpang Godang HD Dianovri Harpama, tokoh masyarakat Situak Ujung Gading, niniak mamak, alim ulama dan stakeholder terkait lainnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img