Pemkab Pasbar Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi 2024 Secara Virtual

More articles

Pasbar, investigasi.news-Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi 2024 secara virtual bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Senin (26/8). Kegiatan ini berlangsung di Ruang Balkon Kantor Bupati dan dibuka oleh Plt. Sekjen Kemendagri, Tomsi Tohir.

Dalam rakor ini, Pudji Ismartini, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, menyampaikan tinjauan terkait inflasi serta perkembangan indeks harga pada minggu ke-4 Agustus 2024. Pudji menjelaskan bahwa harga komoditas pangan, khususnya cabai rawit, mengalami kenaikan sebesar 10,40% dibandingkan bulan Juli 2024. Namun, jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan harga cabai rawit hingga minggu ke-4 Agustus 2024 mengalami penurunan dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

Ia juga menambahkan bahwa harga beras hingga minggu ke-4 Agustus 2024 masih menunjukkan kenaikan sebesar 0,19% dibandingkan Juli 2024, dengan jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan harga beras relatif sama. Selain itu, harga minyak goreng naik sebesar 0,33% dibandingkan Juli 2024, dan jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan harga minyak goreng meningkat dibandingkan minggu sebelumnya.

Baca Juga :  Satresnarkoba Polres Pasbar, Amankan Dua Pengedar dan Satu Pemakai Sabu

Dalam kesempatan yang sama, Moga Simatupang, S.Sos., Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, mengungkapkan bahwa berdasarkan data Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) untuk periode minggu ke-4 Agustus, sebanyak 484 kabupaten/kota melaporkan perkembangan harga Minyakita. Dari jumlah tersebut, 423 daerah melaporkan harga stabil atau turun, 54 daerah melaporkan kenaikan harga sebesar 0โ€“5%, dan 7 kabupaten/kota mengalami kenaikan harga lebih dari 5%, yang membutuhkan perhatian khusus.

Ia juga melaporkan hasil survei cepat yang menunjukkan bahwa 385 dinas perdagangan kabupaten/kota di seluruh Indonesia memantau ketersediaan Minyakita, dengan 357 responden (93%) melaporkan bahwa stok minyak tersedia di pasar rakyat seluruh Indonesia. Lebih dari 74% responden menyampaikan bahwa pasokan Minyakita tidak mengalami hambatan yang berarti.

Baca Juga :  PT. LIN PTUN Kan Bupati Pasbar, Karena Telah Keluarkan 20 Persen Kemasyarakat Kinali

Rini Andrida, Kepala Divisi Perencanaan Operasional dan Pelayanan Publik Perum BULOG, turut memaparkan upaya BULOG dalam stabilisasi harga pangan. Ia menyebutkan bahwa realisasi impor beras tahun 2024 mencapai 2.530.546 ton, yang berasal dari negara-negara seperti Thailand, Vietnam, Pakistan, Myanmar, dan Kamboja. Total stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) saat ini mencapai 1.257.157 ton, yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Ia juga melaporkan bahwa hingga 25 Agustus 2024, realisasi Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) beras telah mencapai 1.014.606 ton. Proporsi terbesar distribusi beras SPHP adalah untuk pengecer (63,0%), diikuti oleh distributor (31,8%), Satgas (3,6%), Pemda (1,3%), dan sinergi BUMN (0,3%). SPHP dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia untuk menjaga stabilitas harga, terutama di daerah yang mengalami kenaikan harga beras yang signifikan, dengan koordinasi bersama pemerintah kabupaten/kota untuk melakukan intervensi yang lebih intensif.

Baca Juga :  Kepadatan Massa Pendukung Paslon Jailani AD-Syamsul Bahri di Pasaman Barat Picu Pengalihan Lalu Lintas

Sementara itu, di Kabupaten Pasaman Barat, berdasarkan data dari berbagai pasar seperti Kinali, Simpang Tiga, Simpang Empat, Kapa, Padang Tujuh, Kajai, Talu, dan Paraman Ampalu, harga bahan pangan menunjukkan tren yang cenderung stabil dari tanggal 19 hingga 26 Agustus 2024. Terdapat beberapa perubahan harga, seperti penurunan harga daging ayam broiler/ras sebesar 4,00% pada 21 Agustus 2024, dan kenaikan harga cabai rawit hijau sebesar 8,33% pada 26 Agustus 2024. (Dila)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest