Pemkab Pasbar Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi 2024 Dengan Kemendagri RI Secara Virtual

More articles

spot_img

Pasbar, investigasi.news-Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Inflasi bersama Menteri Dalam Negeri RI secara virtual di Ruang Balkon Kantor Bupati, Senin (18/3). Rapat dibuka oleh Irjen Kementerian Dalam Negeri Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si.

Memasuki minggu ketiga Maret 2024, Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tomsi Tohir menyoroti kenaikan harga sejumlah komoditas pangan. Ia menekankan agar persoalan ini menjadi perhatian seluruh pemerintah daerah (Pemda). Ia meminta Pemda dan stakeholder terkait untuk melakukan penanganan secara serius, agar daya beli masyarakat tidak tergerus.

Sepekan memasuki bulan Ramadhan, Tohir menekankan agar pemerintah daerah mewaspadai inflasi dan memastikan agar masyarakat dapat memperoleh pasokan yang cukup.

“Kepada semua pihak diharapkan untuk dapat membantu pemerintah pusat melakukan monitor setiap minggu, dan jika perlu setiap hari. Agar, angka inflasi di Indonesia tidak naik secara drastis dan berdampak pada melambungnya harga yang menyebabkan efek domino ke masyarakat,” tegas Irjen Kemendagri, Tohir.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Pusat Statistik Amalia Adininggar Widyasanti menyampaikan dalam paparannya, komponen bergejolak pada Februari 2024 memberikan andil yang relatif besar dibandingkan komponen lainnya.

“Waspada inflasi komponen harga bergejolak yang berpotensi berlanjut pada Maret 2024 sebagai dampak kenaikan demand pada momen Ramadan,” ucapnya.

Ia menjelaskan, kenaikan Indeks Perkembangan Harga (IPH) di Luar Pulau Jawa dan Sumatera terjadi di Kabupaten Bone Bolango dengan nilai IPH 10,64%.

“Komoditas penyumbang andil kenaikan IPH terbesar di sepuluh wilayah tersebut didominasi oleh cabai rawit, beras, dan cabai merah,” sebutnya.

Berdasarkan grafik harga bahan pangan di Kabupaten Pasaman Barat mulai tanggal 11 Maret sampai dengan 17 Maret 2024 menunjukkan nilai harga yang cenderung stabil. Perubahan harga bahan pangan yang terjadi terdapat pada harga Cabai Merah Lokal, Minyak Goreng Curah dan Cabai Rawit Hijau.

Pada tanggal 13 Maret 2024 Cabai Merah Lokal mengalami kenaikan harga sebesar 11,11%. Selanjutnya pada tanggal 14 Maret 2024 Minyak Goreng Curah juga mengalami kenaikan harga sebesar 5,88%, disusul Cabai Rawit Hijau yang mengalami penurunan mencapai 7.69% dari harga sebelumnya. Rl/ila

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img