MDTA Al Bariu Gelar Khatam Al-Qur’an ke-10, Pikri Juara I

More articles

spot_img

Lubuk Sikaping, Investigasi.news – MDTA Al Bariu Nagari Pauh, Kecamatan Lubuk Sikaping, kembali menggelar acara Khatam Al-Qur’an yang ke-10 di Masjid Al Bariu pada Minggu (9/6). Acara yang sakral ini diikuti oleh 10 orang siswa MDTA Al Bariu.

Dikesempatan tersebut, Kepala MDTA Al Bariu, Agus Salim, A.Md, menyampaikan sambutan bahwa para peserta yang mengikuti Khatam Al-Qur’an telah mahir dalam membaca Al-Qur’an dengan baik, termasuk dalam hal tajwid dan irama.

“Khatam Al-Qur’an yang dilaksanakan hari ini hendaknya menjadi semangat bagi anak-anak dalam membaca dan mempelajari isi kandungan Al-Qur’an,” ujar Agus Salim.

Lebih lanjut, Agus Salim menjelaskan bahwa siswa MDTA Al Bariu tidak hanya dibekali dengan kemampuan membaca Al-Qur’an yang benar, tetapi juga diajarkan tata cara dan bacaan sholat yang benar. Selain itu, setiap siswa yang menyelesaikan pendidikan di MDTA Al Bariu harus hafal bacaan sholat jenazah dan memahami tata caranya.

Baca Juga :  Polres Pasaman Lakukan Pendistribusian Air Bersih ke Tenda-tenda Pengungsi

“Ketiga hal tersebut—yakni kemampuan membaca Al-Qur’an yang benar, bacaan sholat yang benar, dan kemampuan mensholatkan jenazah—adalah syarat agar anak-anak bisa mengikuti Khatam Al-Qur’an di MDTA Al Bariu,” jelas Agus Salim.

Kemudian, Pembina MDTA Al Bariu, Maslan Nasutian, juga memberikan motivasi kepada para siswa. Ia menekankan pentingnya semangat dalam membaca Al-Qur’an secara terus-menerus. “Ada tiga amalan yang pahalanya terus mengalir meskipun seseorang telah meninggal dunia, salah satunya adalah doa anak yang sholeh. Jadilah anak-anak yang sholeh yang bisa mendoakan orang tua,” harap Maslan.

Acara Khatam Al-Qur’an yang dilaksanakan di Masjid Al Bariu ini dihadiri oleh ratusan jemaah. Selain orang tua murid yang ikut khatam, hadir pula jemaah masjid, perwakilan dari Nagari Pauh, dan Bamus Nagari Pauh. Pada kegiatan ini, juara I diraih oleh Pikri, juara II oleh Syafira Amanda, dan juara III oleh Dimas.

Baca Juga :  Kapolres Pasaman Silaturahmi Dengan Awak Media

Setelah pelaksanaan Khatam, acara dilanjutkan dengan makan bersama. Sehari sebelum acara, jemaah masjid bersama orang tua murid dengan semangat menyiapkan dan memasak hidangan yang akan disajikan. Selain itu, setiap orang tua murid juga menyiapkan Singgang Ayam yang dihidangkan sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih atas kemampuan anak-anak mereka dalam membaca Al-Qur’an dengan baik.

Kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang unjuk kemampuan membaca Al-Qur’an, tetapi juga sebagai sarana mempererat silaturahmi antara warga dan meningkatkan semangat kebersamaan dalam beribadah. Semoga acara ini menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus belajar dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

WL

spot_img
spot_img

Latest

spot_img