Mendagri Tito Karnavian Dijadwalkan Jadi Inspektur Gelar Pasukan Satpol PP dan Satlinmas se-Indonesia di Sumbar

More articles

spot_img

Padang, Investigasi.news — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian, dijadwalkan akan bertindak selaku Inspektur pada Apel Gelar Pasukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), pada hari Peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas tingkat Nasional di Istana Gubernur Sumbar, Minggu (03/03/2024).

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, melalui Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Kabiro Adpim) Setdaprov Sumbar, Mursalim menyebutkan, rencana agenda Mendagri Tito untuk menghadiri peringatan HUT Satpol dan HUT Satlinmas tersebut, telah dikonfirmasi oleh sejumlah pejabat Kemendagri RI.

“Kita mendapatkan informasi langsung dari Bapak Edi Samsudin Nasution selaku Plh Direktur Pol PP dan Linmas Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri, dan diperkuat oleh Kepala Biro Adpim Setjen Kemendagri, Bapak Andi Ony Prihartono, bahwa Mendagri Tito Karnavian dijadwalkan hadir langsung,” ucap Mursalim.

Pemprov Sumbar sendiri, sambung Mursalim, telah menyiapkan secara teknis peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas dengan matang. Peringatan yang berlangsung mulai dari tanggal 1 hingga 3 Maret 2024 tersebut, akan diisi oleh sejumlah kegiatan, yang telah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

“Bapak Gubernur Mahyeldi juga sudah menemui Bapak Mendagri pada Senin 27 Februari lalu di Jakarta, untuk menyatakan bahwa Sumbar sudah siap secara teknis sebagai tuan rumah, sekaligus meminta kehadiran Bapak Mendagri ke Sumbar, terutama sekali untuk menjadi Inspektur pada Apel Gelar Pasukan,” ujar Mursalim lagi.

Diinformasikan, mulai Jumat 1 Maret 2024 rangkaian Peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas sudah dimulai, di mana sekitar dua ribu lebih personil Satpol PP dan Satlinmas se-Indonesia akan berkumpul di Kota Padang.

Kasat Pol PP Sumbar, Irwan, mengungkapkan bahwa kehadiran personil Satpol PP dan Satlinmas se-Indonesia ini akan dijamu tradisi makan bajamba di Auditorium Gubernur Sumbar, di mana peserta undangan laki-laki akan mengenakan baju batik, dan peserta perempuan mengenakan pakaian adat khas Minangkabau.

HUT Satpol PP dan Satlinmas dipusatkan di tiga lokasi yakni, Istana Gubernur, Kantor Gubernur, dan Hotel Trumtum Padang untuk pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas). Pada peringatan HUT tersebut, juga diramaikan puluhan tenan dari sejumlah UMKM, sehingga kegiatan ini diharapkan juga memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

“Selama tiga hari peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas, juga dilangsungkan kegiatan bakti sosial donor darah dengan menggandeng PMI. Untuk donor darah ini, kita targetkan terkumpul minimal 100 kantong darah donor,” ucap Irwan.

Irwan mengungkapkan, selain jamuan makan bajamba, juga akan digelar Rakornas Satpol PP dan Satlinmas se-Indonesia di Hotel Truntum Padang pada Sabtu 2 Maret 2024, yang dijadwalkan dibuka langsung oleh Mendagri Tito Karnavian. Selain itu, Apel Gelar Pasukan Satpol PP dan Satlinmas akan berlangsung pada Minggu 3 Maret 2024 di Halaman Istana Gubernur Sumbar, dengan Inspektur Upacara Mendagri Tito Karnavian.

(adpsb/isq)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img