Kominfo Kabupaten Pesisir Selatan Selenggarakan kegiatan Forum Perangkat Daerah

More articles

spot_img

Pesisir Selatan, investigasi.news-Dalam rangka membahas sinkronisasi Rancangan Kerja (Renja) Dinas Kominfo tahun 2025, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pesisir Selatan menyelenggarakan kegiatan Forum Perangkat Daerah. Ini merupakan salah satu tahapan yang dilaksanakan dalam perencanaan program/ kegiatan di masing Perangkat Daerah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kabupaten Pesisir Selatan, Wendi, S.H., M.Hum saat membuka kegiatan dimaksud di kantor Dinas Kominfo setempat, Painan (21/2).

“Forum ini merupakan wadah bertemunya pemangku kepentingan yang terkait dengan pelaksanaan kewenangan Dinas Kominfo, ” kata Wendi.

Lebih jauh Kadis Kominfo mengatakan, Forum Perangkat Daerah ini menampung masukan dan saran dari Perangkat Daerah yang memiliki “cross cutting” dengan porgram dan kegiatan Diskominfo.

Pada kesempatan itu, masing-masing Bidang yang ada di instansi ini menyampaikan paparan rencana kerja kegiatannya yang dimoderatori Sekretaris Dinas, Hasrul Sani., S.T., M.Si.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Syafrudin, S.H., M.Si, mengatakan program/ kegiatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE menjadi salah satu prioritas yang dilakukan Diskominfo .

Tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional juga diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik,” katanya.

Lebih lanjut Kepala Bidang Statistik dan Persandian, Irwan Fahlifi, S.H, menekankan pentingnya pemenuhan data bagi kebutuhan masyarakat yang bersumber dari data sektoral dan data perangkat daerah sebagai bagian dari perencanaan.

“Untuk lingkup Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Diskominfo menjadi wali data statistik sektoral yang tugasnya untuk mengumpulkan dan mengolah data yang dihasilkan oleh produsen data, yang kemudian menyebarluaskan data di lingkup instansi pemerintah dan publik,” tambahnya.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Wildan, S.E., M.I.Kom., dalam paparannya mengatakan pihaknya berperan sebagai supporting system di bidang publikasi dan pengelolaan informasi serta media relasi bagi perangkat daerah yang membutuhkan dukungan publikasi program/kegiatannya.

“Selain mengemas dan mengelola informasi, SKPD harus mampu bersinergi dengan Lembaga pers dalam membantu pemerintah untuk menyebarluaskan informasi program pembangunan kepada masyarakat, karena persepsi publik tentang pemerintahan ditentukan oleh informasi dari media, jelas Kabid IKP.

Pada Forum Perangkat Daerah ini juga dilakukan diskusi dengan para peserta untuk menciptakan sinergi/kolaborasi program antar perangkat daerah agar dapat menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah supaya pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dapat dicapai secara optimal.

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid (on line & off line) yang dihadiri perwakilan dari SKPD terkait seperti, Dinas Perikanan dan Pangan, Kantor Satpol PPP, DInas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga, Badan Pusat Statistik, serta dinas lainnya. Admin

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img