BAZNAs Sawahlunto Salurkan Zakat 250 Juta Lebih Kepada 202 Mustahiq

More articles

spot_img

Sawahlunto, investigasi.news– Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kota Sawahlunto pada April 2023 ini menyalurkan zakat sejumlah total Rp259.500.000,- untuk 202 orang penerima/mustahiq.

Ketua BAZNas Sawahlunto Edrizon Effendi saat penyaluran zakat itu di Hall Ombilin, pada Kamis 13 April 2023, menyampaikan zakat yang disalurkan pada bulan April ini terbagi atas tiga kategori bantuan, yaitu biaya untuk lansia/jompo, biaya bedah rumah dan biaya modal usaha.

“Untuk jompo ada dua mustahiq, untuk bedah rumah juga dua mustahiq. Sementara untuk modal usaha ada 198 mustahiq,” kata Edrizon.

Disebutkan Edrizon, para mustahiq tersebut telah melalui proses survey dan verifikasi oleh petugas BAZNas sehingga semuanya telah dinyatakan lolos berhak dan layak menerima zakat sesuai ketentuan syariat Islam.

“Dapat kami sampaikan juga, bahwa sejak Januari sampai dengan April 2023 ini BAZNas Sawahlunto telah menyalurkan zakat total senilai Rp848.976.218,- kepada 1.239 orang mustahiq,” ujar Edrizon merinci.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta yang menghadiri dan memantau penyaluran zakat tersebut mengapresiasi kinerja BAZNas dalam mengumpulkan dan menyalurkan zakat.

“Berdasarkan monitoring kita, setiap tahun pengumpulan dan penyaluran zakat oleh BAZNas Sawahlunto telah mengalami peningkatan signifikan. Kita menilai BAZNas berhasil profesional dalam mengemban amanah, jadi kita apresiasi dan kita dorong agar mampu mempertahankan kualitas ini,” kata Wali Kota Deri Asta.

Untuk para mustahiq, Wali Kota Deri berpesan agar zakat yang diterima dapat dimanfaatkan sesuai dengan niat/tujuan permohonan kepada BAZNas, jangan kemudian dibelanjakan untuk kebutuhan yang bersifat tidak terlalu penting.

“Seperti yang mengajukan untuk modal usaha, kita berharap memang benar-benar uangnya jadi modal usaha. Jangan nanti malah uangnya digunakan untuk membeli handphone atau kebutuhan lain yang untuk gaya-gayaan saja,” pesan Wali Kota Deri. (Prokopim)

spot_img

Latest

spot_img