Warga Serbu Pasar Murah Kebutuhan Pokok di Desa Sikalang Hingga Abis

More articles

spot_img

Sawahlunto, investigasi.news-Pemerintah Kota Sawahlunto melalui kedua OPD nya yaitu Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Sawahlunto dan Dinas Koperindag Sawahlunto membuka pasar murah di Desa Sikalang Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto, Jumat (8/3).

Melalui Gerakan Pangan Murah Operasi Pasar Pangan, Bazar hasil pertanian olahan pangan dan perikanan dengan tema ” Kita wujudkan stabilisasi pasokan dan harga pangan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H”.

Menurut Penjabat Walikota Sawahlunto Zefnihan, Sawahlunto tidak termasuk dalam Kota yang inflansi di propinsi Sumatera Barat. ” Namun begitu kita tetap harus menjaga kestabilan harga bagi kebutuhan pokok yang benar- benar dibutuhkan warga. Misalnya beras, cabai merah, bawang merah, daging, dan telur. Hari ini ada beberapa bahan pokok di subsidi oleh pemerintah Kota melalui instansi terkait yaitu OPD yang memfasilitasi kegiatan Operasi Pasar Murah ini. Kita ingin masyarakat Sawahlunto merasakan kehadiran pemerintah Kota Sawahlunto dalam menghadapi harga-harga kebutuhan pokok jelang Ramadhan,” ucapnya.

Ditambahkannya, ” Dalam hal kegiatan operasi Pasar Murah ini kita berkerjasama dengan berbagai pihak. Dibantu dari PTBA, Bank Nagari, BSI, BI, Bulog dan Dinas Pertanian Propinsi dan juga pelaku usaha yang merupakan binaan dari Pemko Sawahlunto. Saya menghimbau mari kita bantu pelaku usaha Sawahlunto dengan membeli produk-produk UMKM Sawahlunto,” katanya.

Kadis DKP3 Sawahlunto Heni Purwaningsih menginformasikan,” Ada dua kali lagi Pasar Murah ini akan dilakukan selama bulan Ramadhan yaitu di Desa Lunto dan Desa Silungkang Tigo. Dengan tujuan agar daerah yang jauh dari pasar bisa murah mendapatkan bahan pangannya di bulan Ramadhan dan jelang lebaran. Juga meminimalkan angka stunting, masyarakat lebih mudah mendapatkan bahan pangan yang bergizi,” katanya.

Kadis Perindagkop Tatang Sumarna menjamin stok beras cukup dan daging pun cukup jelang lebaran. Meskipun diakuinya harga daging tidak dapat diturunkan per kilogramnya yang mencapai Rp. 140 ribu/kg.” Ya cukup sulit harga daging memang segitu, sebab kita juga masih impor daging dari luar Sawahlunto. Tapi cukup stok sampai lebaran,” tuturnya.

Lambang. W Kades Sikalang merasa sangat puas dan senang, karena warganya bisa mendapatkan harga murah dari pasar murah ini,” Sebenarnya tadi sudah habis daging, cabe merah dan bawang merah diawal pasar ini dibuka abis shalat Jumat. Tapi selanjutnya telur ayam dan beras pun abis. Kelima kebutuhan pokok tersebut yang mendapat subsidi dan sudah diserbu warga. Harga cabai merah Rp. 75 ribu, bawang merah Rp. 25 ribu, daging Rp. 85 ribu, beras Rp. 55, dan telur 47 ribu. Sangat membantu warga Sikalang,” pungkasnya. ( pin)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img