Hafal 30 Juz Al-Qur’an, Hanya Ada 14 Kafilah Cabang Tafsir Bahasa Arab di MTQ Sumbar

Padang Aro, investigasi.News – Cabang lomba Tafsir Bahasa Arab MTQ XL Sumbar hanya diikuti oleh 14 orang kafilah, pasalnya cabang ini menuntut hafal 30 Juz Al-Qur’an.

Hal itu diutarakan Afrizal selaku Panitera dalam lomba cabang Tafsir Bahasa Arab dan Tahfidz 5 Juz Non Tilawah, Kamis (14/12/2023) di Venue Masjid Jamiatul Akbar di Bariang Nagari Lubuk Gadang Utara.

Hingga hari kedua pelaksanaan telah tampil 14 kafilah untuk cabang Tafsir Bahasa Arab. Sedangkan untuk cabang Tahfidz 5 Juz sudah tampil 26 orang kafilah.

“Cabang Tafsir Bahasa Arab tidak semua kabupaten/kota mengutus kafilahnya, hal tersebut dikarenakan untuk lomba cabang ini memang berat, karena selain hafal Al-Qur’an 30 juz juga harus mampu menafsirkannya,” ujarnya.

Ia menilai, lahirnya generasi yang mampu mengikuti lomba tersebut tentu dengan dukungan rumah tahfidz, pondok pesantren serta adanya yang kuliah di perguruan tinggi agama, baik dalam negeri maupun di luar negeri.

Sementara untuk cabang Tahfidz 5 Juz dengan pesertanya hafidz lima juz, total peserta 37 orang. Dan setiap kabupaten/kota di Sumbar telah mengutusnya.

Lomba cabang Tafsir Bahasa Arab pada Jumat (15/12) memasuki babak penyisihan. Akan tampil empat orang, sedangkan untuk Tahfidz 5 Juz Non Tilawah 13 orang. (DenO)

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles