Menpan RB Nilai Indeks SPBE Solsel 2023 Meningkat Menjadi Baik

Solok Selatan, investigasi.News -Dilakukannya berbagai terobosan oleh Pemkab Solok Selatan terkait digitalisasi, mulai membuahkan hasil yang menggembirakan. Baru-baru ini, melalui Surat Keputusan Menpan RB No.13 Tahun 2024, Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2023 Kab. Solok Selatan dinilai mengalami peningkatan.

Tercatat dari hasil evaluasi Menteri PAN&RB tersebut, Indeks SPBE Solsel Tahun 2023 mencapai angka 2,98 (Kategori Baik), jauh meningkat dari tahun 2022 silam sebesar 2,26 (kategori cukup). Indeks ini juga jauh melampaui target yang ditetapkan pada RPJMD Solsel pada Tahun 2023 sebesar 2,34.

“Tentu pencapaian ini patut kita apreasi sebagai buah dari kerja kita sebagai sebuah tim. Dan yang lebih penting lagi, segala upaya yang kita lakukan tujuan akhirnya adalah bagaimana pelayanan kita kepada masyarakat menjadi lebih baik lagi,” ujar Bupati Solok Selatan Khairunas di Padang Aro, Selasa (16/1/2024).

Bupati menambahkan bahwa pihaknya akan terus mendorong agar digitalisasi dalam tata kelola pemerintahan terus meningkat. Tidak hanya bagus secara angka, tetapi juga bagaimana secara berkelanjutan masyarakatpun bisa menikmati berbagai layanan publik yang diberikan secara baik.

Kadis Komunikasi dan Informatika Solok Selatan Firdaus Firman mengatakan bahwa hasil yang diperoleh tersebut tentu harus ditingkatkan menjadi lebih baik lagi. Bahkan menurutnya, masih banyak pekerjaan rumah yang musti diselesaikan terkait SPBE ini.

“Banyak hal yang mesti kita kerjakan, agar indeks SPBE kita terus meningkat. Namun dengan dorongan pimpinan dan kerja keras tim, kita optimis tahun depan kita akan lebih baik lagi,” ujar Firdaus bersama Kabid Aptika Tomi Fernandes.

Indeks tersebut tambahnya juga berhasil menempatkan Solok Selatan pada peringkat ke-5 terbaik diantara 12 Kabupaten di Sumatera Barat, dan terus meningkat setiap tahunnya.

“Pada tahun 2021, Indeks SPBE Solsel hanya sebesar 1,21 (kurang). Kemudian Tahun 2022 meningkat hingga 86,7% menjadi 2,26 (cukup). Dan tahun 2023 ini Alhamdulillah menjadi 2,98 (baik),” terangnya.

Menurutnya berbagai upaya terus dilakukan terkait dengan digitalisasi pemerintahan di Solok Selatan. Diantaranya Pengaplikasian Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang telah digunakan oleh Kepala Daerah dan seluruh Kepala OPD, Pelaksanaan Audit Aplikasi dan Infrastruktur TIK melalui kerjasama dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), serta Terpilihnya Kab. Solok Selatan dalam 50 Kabupaten/Kota se-Indonesia dalam mengikuti Gerakan Menuju Smart City 2023.

Selanjutnya telah terhubungnya jaringan Telekomunikasi /Internet kabel metro ke Seluruh OPD, termasuk 7 (tujuh) Kantor Wali Nagari, 8 Puskesmas, dan 6 (enam) Sekolah Negeri di wilayah blankspot, pembangunan Aplikasi Satu Data yang telah terintegrasi dengan Aplikasi Satu Data, Pembangunan Aplikasi Akuntabilitas Kinerja Organisasi (E-SAKIP), Aplikasi Perjalanan Dinas E-SPJ, Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG), Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kinerja (SIMANJA), dan berbagai pekerjaan lainnya.(Deno)

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles