Pembekalan Calon Duta GenRe Dimulai, 173 Remaja Bakal Bersaing

More articles

spot_img

Padang Aro, Investigasi.News – Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Solok Selatan Tahun 2024 segera dimulai. Terdapat 173 orang remaja Solok Selatan yang akan bersaing untuk memperebutkan posisi tersebut.

Tahap seleksi Duta GenRe akan mulai dilaksanakan pada Maret 2024 mendatang. Untuk mempersiapkan itu diadakan pembekalan kepada para peserta untuk semakin mematangkan persiapan dalam memaksimalkan potensi dirinya untuk bersaing.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan kegiatan ini sejalan dengan misi pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkarakter. Diharapkan dengan adanya program ini, generasi muda di Solok Selatan menjadi generasi yang berencana.

“Pembinaan ketahanan remaja merupakan program yang dikembangkan untuk mempersiapkan kehidupan remaja agar mampu menjalani jenjang pendidikan yang terncana, berkarir, hingga menikah dengan penuh perencanaan,” kata Khairunas dalam pembukaan Pembekalan Calon Duta GenRe Kabupaten Solok Selatan Tahun 2024 di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solok Selatan, Kamis (22/2/2024).

Bupati menekankan, pemilihan Duta GenRe ini bukan ajang unjuk gigi siapa yang paling cantik dan tampan, namun bagaimana para remaja bisa memberikan upaya yang konkret sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam memberikan edukasi kepada rekannya.

Sebab, peran yang diemban ini tak hanya menjadi perwakilan Solok Selatan di tingkat Provinsi Sumatera Barat saja. Lebih dari itu, para duta ini berkewajiban untuk membantu dalam pencegahan kenakalan remaja.

“Sebab banyak masalah yang dialami remaja seperti pernikahan dini, seks bebas, dan penggunaan NAPZA dapat merusak masa depan dan menurunkan kualitas sumber daya manusia,” tegasnya.

Adapun dengan dilaksanakannya pembekalan ini diharapkan akan dapat meningatkan kapasitas peserta Calon Duta GenRe supaya maksimal dalam seleksi dan bersaing di tingkat provinsi mewakili kabupaten.

Sementara narasumber pembekalan ini berasal dari BKKBN Sumatera Barat dan Duta GenRe Sumatera Barat.

Seleksi Duta GenRe 2024 ini diikuti oelh remaja berusia 16-23 tahun. Terdapat 173 orang dalam seleksi ini yang mewakili nagari dan sekolah di Solok Selatan. (DENO)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img