ASAHAN  

Bupati Asahan Resmikan Kampung Pancasila

Asahan, Investigasi.News-Kampung Pancasila berada di Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat, diresmikan oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc.Kamis (10/3). Dihadiri, Dandim 0208/Asahan, Danlanal TBA, Kapolres Asahan, Ketua PN Kisaran, Mewakili Kajari Asahan, Mewakili Ketua PA Kisaran, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Ketua Persit Kartika 35 Kodim 0208/Asahan dan Undangan lainnya.

Camat Simpang Empat Umar, SP, MM selaku tuan rumah mengucapkam selamat datang kepada Bupati Asahan beserta Forkopimda Kabupaten Asahan di Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat untuk meresmikan Kampung Pancasila.

Umar juga mengatakan, Dengan dihunjuknya Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat menjadi Kampung Pancasila diharapkan masyarakat Desa Simpang Empat dapat menjaga kerukunan antar suku dan umat beragama, sehingga perbedaan yang kita miliki bukan menjadi suatu penghalang, tetapi perbedaan yang kita miliki menjadi suatu sumber energi untuk bangkit dan maju menuju masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter,” Ini Visi dan Misi Pemkab Asahan,” tuturnya Umar dalam sambutannya.

Dandim 0208/Asahan Letkol Inf. Franki Susanto, SE pada pidatonya mengatakan latar belakang
terbentuknya Kampung Pancasila adalah untuk penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kerukunan umat beragama, penerapan nilai leluhur budaya bangsa dalam kehidupan beragama yang saling menghargai dan menghormati sesama pemeluk agama walaupun berbeda – beda keyakinan.

Terbentuknya Kampung Pancasila ada hal lain yang dapat kita perhatikan yaitu penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai bangsa yang bermartabat. Kampung Pancasila ini juga dibentuk sebagai contoh toleransi antar umat beragama yang hidup damai dalam perbedaan, tanpa ada konflik,” imbuhnya.

asalnya, didesa ini terdapat beberapa penganut agama yang selalu hidup dengan damai dan rukun yakni Islam, Kristen, Khatolik dan Budha. Kerukunan umat beragama di Kampung ini terbukti dari rumah Ibadah yang letaknya saling berdekatan meski berada dalam satu area, masyarakat di kampung ini tetap menghargai agama masing-masing juga suka tolong-menolong dalam kegiatan agama, letak rumah ibadah yang dekat membuat mereka turut membantu acara keagamaan umat lain. Kita semua berharap kampung ini dapat terus berusaha menjaga kedamaian tidak adu domba.

Bupati Asahan H. Surya, BSc pada pidatonya mengatakan dengan diresmikannya Desa Simpang Empat sebagai Kampung Pancasila, saya berharap semakin terpeliharanya persatuan dan kesatuan di kalangan masyarakat. Bupati Surya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat Desa Simpang Empat yang selama ini telah menjaga kerukunan, toleransi beragama dan telah mengimplementasikan nilai-nilai terkandung dalam Pancasila.

Bupati Surya berharap, kepada seluruh desa yang ada di Kabupaten Asahan dapat mencontoh Desa Simpang Empat yang dapat menjaga kerukunan antar suku dan umat beragama.
Walaupun kita berbeda bukan menjadi suatu alasan bagi kita untuk berpecah belah, tetapi jadikan perbedaan yang kita miliki ini menjadi suatu kekuatan bagi kita,” ajak Surya.

Kegiatan dirangkai dengan Penandatanganan batu prasasti dan pemotongan pita oleh Bupati Asahan beserta istri dan Dandim 0208/Asahan beserta istri dan dilanjutkan dengan berkeliling Kampung Pancasila Desa Simpang Empat dengan menggunakan odong-odong.
(MT)