Sorotan Ketua DPD LSM Prabhu Indonesia Jaya Kabupaten Bekasi terhadap Pekerjaan Konstruksi yang Diduga Tidak Memadai

More articles

spot_img

Kabupaten Bekasi, investigasi.news-27 Mei 2024 – N.Rudiansah, Ketua DPD LSM Prabhu Indonesia Jaya Kabupaten Bekasi, mengeluarkan sorotan terhadap kualitas pekerjaan konstruksi yang diduga tidak memadai di wilayah ini. Sorotan ini mengemuka setelah ditemukan sejumlah kekurangan pada proyek-proyek yang dilaksanakan oleh Dinas Sumber Daya Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi.

Salah satu contoh yang disoroti adalah proyek rekonstruksi jalan di Kecamatan Bebelan dengan nomor kontrak PG.02.02./41/SP/PJL. DSDAPMBK/2024. Meskipun anggarannya mencapai jumlah yang pantastis, yakni 6.116.140.000 (enam miliar seratus enam belas juta seratus tujuh puluh enam ribu rupiah), namun terdapat kekurangan dalam pelaksanaannya.

Pengawas proyek yang dikonfirmasi oleh tim awak media menyatakan bahwa kedalaman pekerjaan mencapai 16 cm malah balik tanya ke tim awak. Selain itu, pada saat diukur lebar jalan yang seharusnya homogen ternyata bervariasi, dengan sebagian mencapai 120 cm dan sebagian lainnya hanya 110 cm.

Baca Juga :  Pekerjaan Peningkatan Jalan Warung Kacung Pulobambu Merengkah

Tidak hanya itu, bahan material yang digunakan juga dipertanyakan, dimana batu limestone yang halus digunakan diduga tanpa adanya pemadatan yang memadai. Salah satu warga menyampaikan bahwa batu limestone tersebut bukanlah batu kapur yang berkualitas, yang seharusnya memiliki tekstur yang lebih padat
Belum lagi pekerjan selesai sebagian juga uda pada pecah.

N.Rudiansah menduga bahwa kualitas rendah dari pekerjaan konstruksi ini bisa jadi disebabkan oleh kurangnya pengawasan dan konsultasi yang memadai selama proses pelaksanaan proyek. Oleh karena itu, ia menyerukan perlunya tindakan yang lebih tegas dan pengawasan yang lebih ketat dari pihak terkait guna memastikan bahwa proyek-proyek konstruksi yang dibiayai oleh APBD tahun anggaran 2024 ini dapat memenuhi standar kualitas yang sesuai dengan anggaran yang telah dialokasikan. Roni

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img