Kakansar Mentawai Dapat Penghargaan Satya Lancana Karya Satya dari Presiden RI

Jakarta, Investigasi.news ~ Siapa yang tidak kenal dengan sosok yang satu ini, pria dengan senyum yang khas diwajahnya telah menorehkan Prestasi luar biasa atas pengabdian dan dedikasi dalam mengemban tugas selama 20 tahun ini. Sosok tersebut adalah Akmal S.Sos, Kakansar Mentawai. Yang bersangkutan menerima Penghargaan Satya Lancana Karya Satya dari Presiden RI Joko Widodo yang diserahkan langsung oleh Ka Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi dalam Pelaksanaan Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Lapangan Kantor Pusat Basarnas yang diikuti oleh seluruh pejabat pimpinan tinggi madya, pratama, dan seluruh pegawai Basarnas pada Rabu ( 17/08/ 2022).

Satya Lancana Karya Satya adalah tanda kehormatan yang diberikan atau yang dianugerahkan kepada Pegawai Negeri Sipil sebagai penghargaan atas dedikasi pelaksanaan tugasnya yang telah menunjukan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran dan kedisiplinan serta telah bekerja secara terus menerus sekurang-kurangnya 10 tahun, 20 tahun atau 30 tahun. Satya Lancana Karya Satya diperuntukan bagi para PNS yang dalam waktu yang cukup lama untuk setia terhadap Negara, cakap dan rajin dalam melaksanakan tugasnya sehingga dapat dijadikan sebagai teladan bagi Pegawai yang lain.

Sebanyak 8 (delapan) orang yang menerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya, masing-masing 5 (lima) orang dengan pengabdian 30 tahun, 1 (satu) orang dengan pengabdian 20 tahun, dan 2 (dua) orang dengan pengabdiannya selama 10 tahun.

Penghargaan diserahkan kepada Perwakilan penerima penghargaan yaitu : Khairul Nova, S.T (KPP Tanjung Pinang/ Pengabdiannya selama 30 tahun) Akmal, S.Sos (KPP Mentawai/ Pengabdiannya selama 20 tahun) dan Baharuddin, S. Kep (KPP Aceh/ Pengabdiannya selama 10 tahun).

Melalui Benuanews.com Kakansar Mentawai Akmal S.Sos mengungkapkan rasa syukurnya atas anugerah yang diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo tersebut.

“Saya Akmal. an Kepala Kantor SAR Mentawai mendapat panggilan dari Sekretaris Utama Basarnas Bapak Abdul Haris Achadi, untuk dapat mengikuti Upacara Bendera Sang Merah Putih di Basarnas Pusat, karena akan ada penyematan penganugerahan penghargaan Satya Lencana Karya Satya 20 tahun, seiring dari pada itu dari Kantor SAR Tanjung Pinang an. Khairul Nova, S.T (Kansar Tanjung Pinang) untuk penghargaan Satya Lencana Karya Satya 30 Tahun dan dari Kansar Aceh Baharuddin, S.Kep Penghargaan Satya Lencana Karya Satya 10 tahun,” ungkap Kakansar Mentawai Akmal, S. Sos.

“Saya sangat berterimakasih sekali kepada Bapak Presiden Jokowi dan Bapak Ka Basarnas Marsekal Madya (TNI) Henri Alfiandi yang telah memberikan penghargaan pengabdian ini. Begitu juga kepada Sestama Basarnas Bapak Dr. Abdul Haris Achadi, S.H., DESS dan Karo Umum Basarnas Bapak S. Riyadi, S.Sos., M.M yang telah memfasilitasi untuk giat penerimaan penghargaan ini. Semoga semua ini penuh dengan keberkahan , sehingga saya tetap dapat menjalan amanah dalam suatu pengabdian dengan mewujudkan kinerja yang baik terhadap masyarakat dalam pelayanan pencarian dan pertolongan,” ucap Kakansar Mentawai.

“Semangat Quick Response Search And Rescue yang dilandasi nilai-nilai profesional, sinergi, dan militan akan kita laksanakan dengan sepenuh hati.” Pungkasnya. (Butet Hsb)