Mahasiswa KKN Universitas Flores 2023 Lakukan Berbagai Kegiatan

More articles

Ngada NTT, Investigasi.news – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2023 telah dimulai pada Selasa (1/8/2023) dan akan melakukan pengabdian kepada masyarakat hingga akhir Agustus 2023. Peserta KKN yang tergabung dalam 24 kelompok diantar ke desa-desa selingkup Kabupaten Ngada oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kordinator Lapangan di Desa Waebela, Kecamatan Inerie, Abdulah Yamin menyampaikan bahwa program kerja kelompoknya di desa tersebut disesuaikan dengan hasil identifikasi masalah yang dilakukan pada hari pertama terjun ke lapangan. Adapun identifikasi masalah di desa dilakukan dengan menerapkan program kerja Pertanian, Perikanan, Pendidikan, dan Ekonomi (P3E). Kepala Desa Waebela Kristianus Loza mendukung semua program kerja kelompok KKN di desanya dan berharap mahasiswa dapat bersama-sama bekerja bersama masyarakat.

Baca Juga :  Euforia Kelulusan: Pelajar SMA Kota Ende Mencoret Seragam Sebagai Ungkapan Kebahagiaan

Hari ke-2 KKN di Desa Waebela, peserta melakukan penyuluhan pembentukan BUMDes Waebela. Selain itu juga dilakukan peningkatan kualitas pendidikan melalui program bimbingan belajar atau pembelajaran alternatif yang mengutamakan partisipasi aktif siswa dan melibatkan orang tua dalam proses belajar mengajar. Pada hari ke-3 peserta melakukan penyuluhan pembentukan BUMDes Waebela, dan silaturahmi bersama pihak kecamatan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI, penyuluhan peningkatan skill mahasiswa dalam pendataan sensus penduduk oleh pihak aparat Desa Waebela, dan pencarian bambu dalam program penyediaan tempat sampah.

Persiapan HUT Kemerdekaan RI juga dilakukan oleh peserta KKN yang ditempatkan di Desa Watusipi, Kecamatan Golewa Selatan di mana mahasiswa bekerja bersama aparat desa dan masyarakat melakukan pencarian/pengumpulan bambu sebagaimana yang dituturkan oleh Feribertus Raja yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi Uniflor.

Baca Juga :  KOREBA Rayakan Valentine Day Bersama Anggota DPRD

Di Desa Mangulewa, Kecamatan Golewa Barat, peserta KKN Edwin Fernando Lado Djo mengatakan bahwa kelompoknya telah melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah salah satunya Sekolah Dasar Swasta Katolik Mangulewa. Sementara itu, peserta KKN Yoseph Anselmus Wae Biko Mally yang ditempatkan di Desa Wajamala, Kecamatan Golewa menuturkan selain mengkoordinasikan program kerja bersama Kepala Desa Andreas Padha, juga mulai memasang umbul-umbul sepanjang jalan desa sebagai persiapan menyambut HUT Kemerdekaan RI yang ke-78.(Oca/2teh).

Ep

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest