Karang Taruna Menjadi Salah Satu Organisasi Yang Paling Banyak Diminati Oleh Generasi Muda Di Kabupaten Nakegeo

More articles

spot_img

NTT, Investigasi.news – Berdasarkan data yang ditelusuri pada tanggal 3 Juni 2024, salah satu organisasi yang paling banyak diminati generasi muda saat ini, yaitu Karang Taruna yang berada di Desa Ngengedhawe, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Organisasi Karang Taruna di Desa Ngengedhawe baru terbentuk pada tahun 2018, tetapi kurang begitu berkembang di bawah kepemimpinan Adelberta Dena karena terkendala pandemi. Lalu pada tanggal 8 Mei 2022, organisasi Karang Taruna ini mengalami perkembangan pesat di bawah kepemimpinan Hipolitus Nu.

Anggota Karang Taruna terus bertambah setiap tahun. Data anggota Karang Taruna di tahun 2024 yang aktif berjumlah 90 orang, yang didominasi oleh mahasiswa dan para pekerja. Dalam Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesa Nomor 25 Tahun 2019 pada pasal 1 berbunyi, ”Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda, yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat.”

Baca Juga :  Ancam Sebarkan Video Porno, Pelaku Di Tangkap Aparat Kepolisian

Karang Taruna menjadi salah satu wadah pengembangan generasi muda dalam mengembangkan cipta, rasa, karsa, dan karya. Organisasi Karang Taruna ini mengadakan pertemuan sekali sebulan dengan program unggulan, yaitu meningkatkan literasi membaca-menulis dan literasi budaya. Saat ini anggota Karang Taruna telah membentuk English Club dengan tujuan mencerdaskan anak bangsa dan memberantas kemiskinan. Sementara itu fokus literasi budaya yang digaungkan oleh Karang Taruna ialah pelestarian adat istiadat yang mulai dilupakan oleh generasi muda.

Wendelino Firman yang menjabat sebagai Ketua BPD dan Pembina Karang Taruna mengatakan, ”Kami mengharapkan agar fokus perhatian generasi muda yang tergabung dalam Karang Taruna tidak hanya sebatas literasi, tetapi juga pengembangan pariwisata. Maka, kami menghimbau adanya kerja sama dari berbagai pihak dalam memajukan daerah.” kata Wendelino

Baca Juga :  Sambut HUT-3, Salve Choir Bagikan Sembako Untuk Masyarakat Kupang

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Karang Taruna belum menentukan sikap menghadapi Pemilihan Kepala Daerah. Namun, mereka akan selalu berada di barisan terdepan dalam menyukseskan kegiatan Pilkada, untuk memilih pemimpin yang mempunyai perhatian terhadap kemajuan daerah.

( S. Temi Laga )

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img