HUT ke 78 Kemerdekaan RI, Disbudpar Selenggarakan Festival Handep Hapakat

More articles

Pulang Pisau, Investigasi.news – Dalam rangka memeriahkan Hut Kabupaten Pulang Pisau yang ke 21 dan Hut kemerdekaan RI yang ke 78 tahun Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau akan laksanakan Festival Handep Hapakat.

Kegiatan yang mengangkat tentang kesenian daerah ini si harapkan dapat meningkatkan rasa ingin menjaga kebudayaan yang ada.

Kegiatan ini juga merupakan langkah awal untuk mempersiapkan Pulang pisau untuk mengikuti festival iseng mulang yang akan dilaksanakan di provinsi nantinya.

Saat diwawancarai, selasa 15/8/2023 Kepala Dinas Budaya Dan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau Bakhzar efendi mengatakan bahwa, “dalam rangka memeriahkan Hari jadi Kabupaten Pulang Pisau ke 21dan Hut RI yang ke 78 maka Kabupaten pulang pisau menyelenggarakan kegiatan yang tidak hanya seremonial kegiatan resmi lainnya. Akan tetapi kegiatan yang dapat memberi manfaat-manfaat kepada masyarakat terutama hiburan”.

Baca Juga :  DPUPR Pulpis Laksanakan PCM Percepat Pembangunan Infrastruktur

Ada beberapa pertandingan yang akan kita selenggarakan seperti lawan skepeng, balogo, mangarungut, lagu daerah, tarian daeran, mengaruhui, ukir ornamen.

Kegiatan ini diharapkan dapat menghibur masyarakat Kabupaten pulang pisau dan menjadi salah satu wisata dadakan yang ada di kabupaten pulang pisau.

“Dalam festival kita murni kepanitiaan dari Budpar dan akan dibantu oleh 10 OPD yang siap untuk memfasilitasi kegiatan ini”.

“Peserta yang mengikuti event tersebut tidak dipungut biaya (Free) dan kita telah membuka pendaftaran dari tanggal 1 Agustus kemaren sampai tanggal 17 dan peserta yang mengikuti kegiatan ini sudah cukup banyak”.

“Untuk juri kegiatan ini kita akan mengambil juri-juri lokal dan dibantu oleh beberapa orang dari Palangkaraya, yang mana kegiatan ini juri nya adalah orang yang telah mendalami kegiatan seni dan budaya”, tutupnya.

Baca Juga :  Terjadi Peningkatan Angka Covid-19 Di Kabupaten Pulang Pisau

Zulmi

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest