PJ Bupati Pulang Pisau Hadiri Rapat Koordinasi Hasil Penilaian KLA 2023

More articles

Pulang Pisau,investigasi.news-
Pj Bupati Pulang Pisau Ibu Nunu andriani S.E.M.Pd Hadiri Rapat Koordinasi Hasil Penilaian KLA Tahun 2023 dan Persiapan Penilaian KLA Tahun 2024 di aula Baperida Kabupaten Pulang Pisau.

Dalam kegiatan Rapat dihadiri oleh Seluruh jajaran OPD Pemkab Kabupaten Pulang Pisau,Kapolres Pulang Pisa,kejari,serta Pengadilan Agama.

Dalam kata sambutanya Pj Bupati Pulang Pisau mengatakan “Lahirnya kebijakan Kabupaten Layak Anak, diharapkan dapat menciptakan keluarga yang sayang anak, rukun tetangga dan rukun warga atau lingkungan yang peduli anak, kelurahan/desa layak anak, dan kecamatan atau kabupaten yang layak anak”.

Lanjutnya”Sebagai prasyarat untuk memastikan bahwa anak-anak tumbuh dan berkembang dengan baik, terlindungi hak nya dan terpenuhi kebutuhan fisik dan psikologisnya”,ungkapnya.

Baca Juga :  Ketua Komisi III DPRD Pulang Pisau Sambut Baik Pemasangan Spanduk Himbauan Larangan Truk Odol

Saya berharap” penguatan sinergisitas, koordinasi dan kolaborasi seluruh stakeholders secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan dalam melaksanakan kebijakan program dan kegiatan guna menjamin hak dan perlindungan terhadap anak hendaknya dapat terus kita tingkatkan”.

Mengingat anak  adalah investasi dimasa yang akan datang “Maka menjadi kewajiban kita bersama untuk menjadikannya lebih berkualitas, sehingga mereka akan menjadi modal pembangunan.

Selain itu saya juga berharap, Kepada seluruh perangkat daerah dan stake holder terkait agar dapat kiranya melaksanakan beberapa tugas, antara lain, mengkoordinasikan penyusunan rencana aksi daerah Kabupaten Layak Anak, meliputi  24 indikator yang terbagi dalam 5 klaster.

Klaster I hak sipil dan kebebasan, klaster II lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, klaster III kesehatan dasar dan kesejahteraan, klaster IV pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, klaster V perlindungan khusus.

Baca Juga :  Kemeriahan Hari Kartini: Perempuan Pulang Pisau Memimpin Era Digital

Kita berharap juga dukungan menjadikan desa layak anak dan kecamatan layak anak,”
Kepada seluruh pihak nantinya,agar dapat memberikan informasi secara rinci tentang strategi, program dan kegiatan yang telah dilaksanakan selama tahun 2023 melalui Kuisioner Penilaian Mandiri KLA yang telah di sampaikan kepada OPD terkait beberapa waktu lalu serta  yang akan dilaksanakan pada tahun 2024, dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Pulang Pisau sebagai Kabupaten Layak Anak”.

Dan khusus bagi camat, lurah dan kepala desa kiranya dapat membuat program kegiatan yang berkaitan dengan 24 indikator KLA. Apalagi saat ini ada dua desa yang telah di tetapkan Kementerian PPPA sebagai lokus desa model ramah perempuan dan peduli anak yaitu desa Bukit Liti dan Desa Mekar Jaya.

Baca Juga :  Dinkes Pulpis Bentuk Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat

Kebijakan Kabupaten Layak Anak, hanya bisa dilaksanakan apabila ada KOMITMEN dan KEMAUAN dari pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, untuk mendengar dan mengetahui kebutuhan anak sesuai dengan situasi, kondisi dan permasalahan anak terkait pendidikan dan kesehatan, hak sipil dan partisipasi anak, anak yang menjadi korban tindak kekerasan, bahkan anak yang berhadapan dengan hukum,tutupnya. Zulmi

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest