DOSEN KESLING  PASCA SARJANA UHTP LAKUKAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT KERJASAMA DENGAN PUSKESMAS RUMBAI BUKIT DAN HAKLI  PEKANBARU

More articles

 

Pekanbaru. Investigasi.news – Dosen kesehatan Lingkungan ( KESLING ) dari Universitas Hang Tuah Pekanbaru, Riau, mengadakan kegiatan tri darma perguruan tinggi, dalam hal ini bentuk kegiatannya berupa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tentang pelatihan Higiene Sanitasi Depot  Air Minum kepada pengusaha Depot Air Minum, Bertempat di Puskesmas Rumbai Bukit, kecamatan Rumbai Barat, kota Pekanbaru, Sabtu (14/9).

Panitia Pelaksana Pelatihan Higiene Sanitasi Depot Air Minum di Puskesmas Rumbai Bukit.

Kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tanggal 10 dan 14 September 2024, bekerjasama dengan HAKLI Pekanbaru dan puskesmas Rumbai Bukit, Kecamatan Rumbai Barat kota Pekanbaru. Kegiatan yang  diketuai oleh Dr. Herniwanti. S.Pd.kim. M.S, dosen Pasca Sarjana Universitas Hang Tuah Pekanbaru didampingi Tsy. Rafni Nasyabila. SKM. MKM. Yang juga dosen Universitas Hang Tuah Pekanbaru, sekaligus sebagai MC dalam acara ini.

Acara tersebut dihadiri oleh kepala Puskesmas Rumbai Bukit, Iswadi. SKM. MKL. diwakili oleh Titin. SKM bidang Promkes, Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI ). Pekanbaru Mahmud. SKM. M.SI,  Dessy Andari A.AMKL  PJ. Kesling di puskesmas Rumbai bukit serta masyarakat Rumbai Bukit,  khusus yang berusaha dibidang depot air minum.

Dr.Herniwanti.S.Pd,Kim.M.S memaparkan mengenai persyaratan Higiene Sanitasi Depot Air Minum berdasarkan Permenkes No 43 tahun 2014.

Baca Juga :  Makrab Imadikom: Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta Berperan Aktif Ciptakan Kamtibmas Kondusif Jelang Pilkada Serentak

Dalam paparannya Dr. Herniwanti. S. Pd Kim. M.S sebagai Narasumber dari Dosen Peminatan Kesehatan Lingkungan Prodi S2- Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Hang Tuah Pekanbaru. Menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah Memberikan Pelatihan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Higiene Sanitasi Depot Air Minum. Sebutnya. Selanjutnya, Peserta yang hadir akan mendapatkan Sertifikat Pelatihan yang bisa digunakan sebagai pendukung syarat mendapatkan pengurusan sertifikat laik hygiene untuk depot air minum dari Dinas Kesehatan/ Dinas Perdagangan. Sedangkan, Persyaratan laik higiene sanitasi depot air minum tersebut terdiri dari 4 kategori dan 38 kriteria yg terdiri dari: tempat, peralatan, penjamah dan air baku/air minum. Terang Herniwanti.

Dalam penyuluhan tersebut. ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Pekanbaru, Mahmud. SKM. M.SI, Menyampaikan tentang kesehatan seperti kesehatan tentang mengkonsumsi makanan dan air minum yang sehat serta menjaga lingkungan yang bersih, pinta Mahmud. Selanjutnya, Air isi ulang tersebut harus mempunyai izin dari Dinkes, maka kami dari Hakli selalu mengadakan pelatihan pelatihan, baik pelatihan untuk mendapatkan izin maupun pelatihan tentang mutu air depotnya. Ujar Mahmud. SKM. M.SI.

Baca Juga :  Sudah “Cuan” di Luar Negeri, Kepala LLDIKTI Ajak Pekerja Migran Indonesia Untuk Tetap Kuliah

Saat yang sama, Rafni. SKM. MKM. Dosen   Universitas Hang Tuah Pekanbaru mengajak masyarakat untuk hidup sehat, jaga kesehatan dengan  mengkonsumsi air yang hygiene, kata Rafni singkat sambil mempromosikan Universitas Hang Tuah Pekanbaru kepada peserta pelatihan dengan membagikan brosur dan souvenir dibantu oleh alumni UHTP yang berkerja di Puskesmas Rumbai Bukit yaitu: Debi dan Robi.

Sedangkan kepala Puskesmas Rumbai Bukit, Kecamatan Rumbai Bukit. Iswadi. SKM. MKL. Dalam hal ini diwakili oleh  ibu Titin, SKM. bidang  promkes langsung membuka acara, sambil mengucapkan terima kasih pada tim dosen Unversitas Hang Tuah Pekanbaru dan  masyarakat yang hadir, dan juga  mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh dosen Universitas Hang Tuah Pekanbaru, sebab kegiatan ini sangat membantu masyarakat terutama dalam menjaga kesehatan dan lingkungan.  kata Titin.

Sementara itu, Desi Andari. sebagai penanggung jawab dibidang kesling di puskesmas Rumbai Bukit,  menyampaikan agar pengusaha Depot harus aktif dalam acara ini, agar nantinya banyak bertanya pada Nara sumber, agar usaha kita berjalan lancar. Harapnya.

Penyerahan Sertifikat Pelatihan dan souvenir dari UHTP kepada peserta pelatihan didampingi oleh Ketua HAKLI Kota Pekanbaru dan PJ.Kesling Puskesmas Rumbai Bukit.

Baca Juga :  Se-Abad Absen, “Gala Sako Dinaiak Gadangkan” H. Benny Utama Sandang Gelar ‘Kari Ibrahim’ Suluah Bendang Syarak Basa IX Lubuak Sikapiang

Dalam sesi tanya jawab, para peserta menanyakan syarat dan kriteria kesehatan untuk mengurus keterangan sehat sebagai operator/penjamah depot air minum. Dijawab oleh Dessy Andari sebagai penanggung jawab kesling di puskesmas rumbai bukit, bahwa pengurusan cukup ke puskesmas saja dan akan diberikan rekomendasi kesehatan utk pengurusan laik higiene depot air minum.

Foto Bersama peserta pelatihan, pembicara, tim Dosen, Ketua Hakli Kota Pekanbaru, PJ.Kesling dan Perwakilan UPT.Puskesmas Rumbsi Bukit.

 

Sementara itu, Nursyamsi salah satu peserta pelatihan dari Depot Air Minum Telaga Bening di Jln.Sri Indra,Rumbai. Saat bincang bincang dengan media ini mengatakan , sangat berterima kasih pada semua Nara sumber terutama pada dosen dari Universitas Hang Tuah Pekanbaru, sebab ini sangat membantu kami sebagai pengelola depot air minum. Bagaimana menyediakan air yang hygiene dan menjaga lingkungan yang bersih agar sehat. Ujarnya. Nursyamsi mengharapkan  kegiatan ini, supaya berkelanjutan hendaknya, agar kami sebagai pengelola depot air minum, lebih tahu apa-apa yang perlu kami lakukan dan persiapkan, ujarnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan foto bersama dan doorpress bagi peserta yang aktif serta pembagian sertifikat penyuluhan oleh dosen UHTP dan Hakli serta puskesmas selanjutnya, pembagian oleh oleh dan cendramata pada peserta. Yuridis.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest