BP Geopark Sawahlunto Timba Pengalaman ke Goepark Nasional Merangin

MERAGIN, investigasi.news – Guna menimba pengalaman, Badan Pengelola (BP) Geopark Nasional Kota Sawahlunto mengunjungi geopark Kabupaten Merangin propinsi Jambi, Rabu – Sabtu (8-11/6/20220)

Diketahui, Geopark Merangin merupakan situs warisan peninggalan zaman purba yang ada di Kabupaten Merangin. Geopark ini memiliki koleksi berupa fosil-fosil dari daun, kayu, akar, hewan, dan juga kerang-kerangan. Fosil tersebut diperkirakan berumur lebih dari 300 juta tahun dan tersebar di sepanjang aliran Sungai Batang Merangin dan Sungai Mengkarang

Pengurus BP Geopark Kota Sawahlunto Rahmad Zoraldi menerangkan rombongan studi yang terdiri dari BP Geopark, Komisi II DPRD Kota Sawahlunto dan OPD terkait ini disambut Menager Geopark Merangin Dr Agus, S Sos, M Hum dan jajarannya.

“ rombongan beraudiensi dengan menagemen geopark nasional Merangin yang sedang proses guna masuk dalam warisan dunia UNESCO” kata Zoraldi Sabtu (11/6/2022)

Kasi Destinasi dan atraksi Pariwisata Dinas Parpora Kota Sawahlunto David ST,MT menambahkan setelah ditetapkan sebagai geopark nasional 2018 kota Sawahlunto terus berbenah dan melakukan upaya pelestarian dan pengembangannya.

“ goepark Merangin tahun 2013 yang lebih dahulu menjadi geopark nasional dan sedang tahap proses menjadi UNESCO Global Geopark banyak yang harus dijadikan pelajaran kedepan buat kota ini” sebutnya. (T.Ab)