Persiapan dan Kolaborasi untuk EPSS 2024: Entry Meeting dan Sosialisasi Bersama OPD Agam

More articles

spot_img

Agam, Investigasi.news – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Agam akan menggelar entry meeting dan sosialisasi pelaksanaan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) 2024. Dalam upaya mempersiapkan kegiatan tersebut, BPS Kabupaten Agam melakukan kunjungan ke Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Agam, Syatria, S.Sos, M.Si, untuk berkoordinasi terkait pelaksanaan kegiatan tahunan ini.

Menurut Kepala BPS Kabupaten Agam, Yerison Buchari, S.ST, M.Si, kegiatan EPSS 2024 didasarkan pada Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 3 Tahun 2022 tentang Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS).

“EPSS bertujuan untuk mengukur capaian penyelenggaraan statistik sektoral di masing-masing instansi pusat dan pemerintah daerah. Tahun ini, BPS kembali melaksanakan EPSS bersama Statistik Diskominfo Agam dengan rangkaian kegiatan yang dijadwalkan dimulai pada bulan April 2024.” Jelasnya.

Rangkaian kegiatan EPSS 2024 akan dimulai pada bulan April dengan tahapan penilaian mandiri oleh Tim Penilai Internal (TPI) masing-masing instansi pusat dan pemerintah daerah.

Tahapan penilaian mandiri dapat dilakukan selama periode April-Mei 2024 melalui aplikasi epss.web.bps.go.id dengan proses pendaftaran mandiri untuk mendapatkan akun admin instansi.

“Penting untuk setiap instansi pusat dan pemerintah daerah segera membentuk Tim Penilai Internal (TPI) yang disahkan oleh pimpinan instansi masing-masing melalui Surat Keputusan (SK) TPI.” Tegasnya.

Untuk memulai tahapan tersebut, maka akan digelar kegiatan entry meeting dan sosialisasi pelaksanaan EPSS 2024 akan digelar besok pada hari Selasa, tanggal 2 April 2024, pukul 08.30 hingga selesai melalui platform Zoom Meeting.

Beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlibat yaitu Diskominfo Agam, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Agam, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Agam, serta Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dalduk dan PPPA) Kabupaten Agam. Daji

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img