Bupati Lepas 248 Jemaah Calon Haji Kabupaten Dharmasraya

More articles

spot_img

Dharmasraya, investigasi.news– Sebanyak 248 Jemaah Calon Haji (JCH) yang berasal dari Kabupaten Dharmasraya dilepas oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan untuk melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci, Mekah.

Acara pelepasan ini dilaksanakan di Masjid Agung Dharmasraya, Selasa, (21/05/24), yang dihadiri oleh Unsur Forkopimda, Sekda Dharmasraya, Adlisman, Kakan Kemenag Dharmasraya, Okto Verisman dan turut pula hadir undangan lainnya.

Jumlah Jemaah Calon Haji asal Kabupaten Dharmasraya pada tahun ini semakin banyak yaitu 248 orang.

“Alhamdulillah semua jemaah dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Semua calon jemaah haji asal Dharmasraya ini tergabung dalam kloter 9, menuju Kota Padang dengan 8 Bis yang akan nantinya masuk asrama. Kemudian akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah dari Bandara Internasional Minang Kabau (BIM), Padang Pariaman pada tanggal 22 Mei 2024,” ujar Bupati.

Kata Bupati, perjalanan haji pada hakekatnya merupakan perjalanan suci yang semua rangkaian kegiatannya adalah merupakan ibadah oleh Allah.

Baca Juga :  Hadiri Pembukaan Road Race Kapolres Dharmasraya Championship 2024, Bupati Sutan Riska Sampaikan Ini

Oleh karena itu sudah sepantasnyalah JCH asal Kabupaten Dharmasraya yang akan berangkat pada tahun ini, untuk dapat bersyukur. Karena diberikan kemampuan dan kesempatan untuk beribadah di tanah suci, bendaknya saling bahu membahu sesama jamaah.

Nantinya jamaah yang muda kuat fisiknya, hendaknya membantu yang sudah berumur atau usia lanjut selama perjalanan. Kita semua mengetahui, bahwa banyak diantara saudara kita yang mungkin punya kemampuan baik secara fisik maupun ekonomi untuk melaksanakan ibadah haji.

Namun belum diberikan kesempatan oleh Allah, ataupun yang punya kesempatan untuk pergi. Tapi belum memiliki kemampuan di segi ekonomi maupun fisik. Ada juga orang yang secara financial termasuk orang yang sederhana dan biasa-biasa saja bisa untuk melaksanakan ibadah haji.

“Untuk itu, bagi yang memiliki kesempatan tahun ini merupakan orang-orang pilihan dari sekian ribu jamaah calon haji yang ada,” jelas Bupati yang juga Ketua Apkasi Indonesia itu.

Baca Juga :  Wakili Bupati, Sekda Adlisman Hadiri Rapat Koordinasi Persiapan Operasi Ketupat Singgalang 2024

Apalagi didalam rombongan jamaah haji Dharmasraya ini terdapat sebanyak 49 PNS yang bekerja dilingkup Pemerintahan Dharmasraya.

Bupati ingatkan agar selalu menjaga kesehatan mengingat suhu dan cuaca disana berbeda jauh dengan kondisi ditanah air indonesia, yang penting perbanyak makan buah.

Ibadah haji sebagai rukun Islam yang kelima, merupakan ibadah puncak yang melambangkan keteguhan iman dan penyerahan diri secara total kepada Allah.

Dalam firman Allah secara khusus menegaskan bahwa balasan bagi orang melaksanakan ibadah haji. Dan mendapatkan haji mabrur rak lain adalah surga sebagai tempat abadi di akherat nanti.

Oleh karena itu, agar mendapatkan rahmat dan title haji yang mabrur tersebut dibutuhkan persiapan yang sebaik-baiknya. Sehingga dalam pelaksanaan nanti tidak ditemui kendala dan hambatan yang berarti. Sesuai dengan fitrah ibadah haji sangat dibutuhkan kebugaran, kesehatan dan kesiapan mental.

Baca Juga :  Pekerjaan Jalan di Kecamatan Sitiung Dharmasaraya Tak Bermutu ?

“Saya menghimbau kepada bapak dan ibu Jamaah Calon Haji Kabupaten Dharmasraya. Untuk dapat menjaga kesehatan sebelum keberangkatan maupun pada saat pelaksanaan dan kembali ke Tanah Air nantinya. Sehingga dapat mengikuti rangkaian pelaksanaan ibadah haji di tanah suci dengan khusuk”, harap Bupati lagi.

Dari jumlah 248 orang JCH Dharmasraya tersebut dengan rincian terdiri 113 orang laki-laki, dan 135 orang perempuan.
Tertua umur 84 tahun bernama Lutan Abu Kasim dari Kecamatan Koto Baru. Dan termuda 18 tahun bernama Siti Khadijah dari Ampang Kuranji, berangkat bersama kedua orang tuanya.

Terakhir beliau sampaikan permohonan dan minta kepada seluruh jamaah agar nantinya berdoa untuk Dharmasraya, Sumbar, Khususnya Indonesia agar terhindar dari bencana dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT.(***)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img