Inovasi KARDI SARAS Turut Tekan Angka Prevelensi Stunting di Kecamatan Sungai Rumbai

More articles

Dharmasraya, investigasi.news-Setelah berjalan satu tahun lebih, Inovasi Kartu Digital Sungai Rumbai Sehat Eradikasi Stunting atau yang disingkat KARDI SARAS, turut berperan menekan angka prevelensi stunting di wilayah Kecamatan Sungai Rumbai.

โ€œAlhamdulillah, setelah hampir berjalan 1 tahun inovasi KARDI SARAS berjalan secara simultan dengan beberapa kegiatan puskesmas maupun nagari, prevalensi stunting di Kecamatan Sungai Rumbai yang sebelumnya pada bulan Agustus Tahun 2022 sebesar 14,7% telah turun pada bulan Oktober 2023 menjadi 6,19%,โ€ ungkap Kepala Puskesmas Sungai Rumbai, Yulmiana Dwi, (22/07/2024).

Dikatakan, KARDI SARAS yang awalnya digagas pada tahun 2022 oleh salah satu dokter CPNS di Puskesmas Sungai Rumbai, menganalisa permasalahan tingginya angka stunting di masyarakat berpangkal pada pengetahuan dan pemahaman masyarakat khususnya orang tua dalam pencegahan dan pengendalian stunting

Baca Juga :  Bupati Sutan Riska Hadiri Deklarasi Pemilu Damai

โ€œMasyarakat masih banyak yang belum memahami betapa pentingnya nutrisi, pola makan, dan pola asuh berperan dalam terjadinya stunting. Masyarakat masih beranggapan bahwa pendek itu genetik, yang penting anaknya aktif. Selain itu masyarakat juga masih kesulitan untuk mendapatkan sumber informasi yang terpusat dan terpercaya seputar stunting,โ€ jelasnya

Oleh karena itu kami berkesimpulan bahwa masyarakat perlu informasi terintegrasi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang stunting, khususnya di tingkat keluarga.

Dijelaskan, melalui KARDI SARAS ini diberikan informasi menyeluruh mengenai stunting kepada remaja, calon pengantin, ibu hamil, peran serta keluarga, hingga balita dengan informasi edukasi sesuai dengan kebutuhan.

โ€œAdapun informasi dalam KARDI SARAS ini seperti kalkulator digital untuk mengukur status gizi anak, video edukasi, infografis, poster, dan buku pedoman yang mendukung intervensi sensitif dan spesifik pada upaya pencegahan dan penanggulangan stunting,โ€ lanjut Yulmiana didampingi inovator dr. Abdurrahman Afa Haridhi.

Baca Juga :  Dharmasraya Dipercaya Jadi Tuan Rumah HLUN ke-27, Kemensos Upayakan Hadirkan Presiden Jokowi

Diterangkan, kartu digital ini direalisasikan dalam bentuk hardfile yang berupa kartu fisik dan softfile yang berupa E-Card. Selain itu juga dapat diakses melalui klik link https://s.id/KARDISARAS atau https://bit.ly/KARDISARAS .

โ€œSelain itu, akses informasi KARDI SARAS dapat dilakukan dengan memindai barcode yang telah kami sediakan, atau juga dapat juga dengan menggunakan google lensa kamera,โ€ sebutnya.

Sementara itu, agar KARDI SARAS dapat digunakan masyarakat secara luas, Puskesmas Sungai Rimbai juga telah melakukan sosialisasi dengan melibatkan semua instasi yang berkepentingan di Kecamatan Sungai Rumbai.

โ€œAlhamdulillah, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, melalui Pak Camat Sungai Rumbai juga sangat mendukung inovasi ini untuk dikembangkan, tentunya bermanfaat kemaslahan masyarakat Kabupaten Dharmasraya, khususnya di wilayah kerja kami Sungai Rumbai,โ€ imbuhnya.

Baca Juga :  Dharmasraya Raih Penghargaan Nirwasita Tantra

Yulmiana juga berharap, dengan adanya KARDI SARAS pihaknya dapat turut berperan aktif dalam mendukung program nasional percepatan penurunan angka prevelensi stunting, meski datang dari unit kerja dengan cakupan wilayah yang kecil. Ardi

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest