KPU Kabupaten Solok Gelar Rapat Pleno Terbuka Di Gedung Solok Nan INdah

More articles

spot_img

Kabupaten Solok, investigasi.news. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok umumkan rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2024 melalui  Rapat Pleno terbuka. Pleno itu rekapitulasi itu merupakan hasil resmi atau real count terhadap perolehan suara dan kursi di pemilu serentak 2024 di Kabuoaren  Solok. “Hasil itu dibawa dan ditetapkan dalam rapat pleno terbuka tingkat Kabupaten  Solok, yang dilangsungkan dari tanggal 1-3 marent 2024 di Gedung Solok Nan Indah Arosuka.

Hadir Ketua KPU Kabupaten Solok Hasbullah Alqomar, didampingi Komisioner Devisi Hukum dan Pengawasa Defil, Desva Wandri dan Novialdi. Juga hadir Kepala Sekretariat KPU Kabupaten Solok Alizar. Ketua Bawaslu Kabupaten Solok Titony Tanjung. 

Juga hadir dalam Pleno, Bupati Solok diwakilinAsisten II Syafudin. Kapolres Sokok, Kepala Kejaksaan Negri Solok, Ketua Pengadilan Kabiparen Solok, Dandim 0309 Solok. Unsur Forkompinda Kabupaten Sook, Perwakilan dari Ketua Partai Politik, PPK, Paswascam, PPS Se’Solok, para Saksi dari masing-nasing Partai politik, dan undangan lainya.
Bupati Solok yang diwakili Adisten II Syafudin menyampaikan, Atas Nama Pemerintah Kabupaten Solok kami memberikan apresiasi dan penghargaan yanh tinggi kepada KPU Kabupaten Solok. Panwascan, PPK, KPPS, PPS sebagai penyelenggara Pemilu, dan kepada Unsur terkait. Yang telah bekerja sama bahu-membahu dalam mensukseskan tahaoan Pemilu 2024 di Kabupaten Solok
Tahapan demi tahapan, mulai dari sosialisasi , kampanye dan pencoblosan disemua TPS yang ada di jajaran Pemerintahan Kabupaten Solok. Alhamdulillah semua tahapan berjalan aman, tertib, lancar dan terkendali. Wajar jika ada sedikit dinamika, tetapi itu bagian dari perjalanan dinamika politik bangsa kita.

Disampaikan Bupati Solok, sejauh ini dari pantauan kami,  semua pihak sangat mendukung penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Solok. “Maka pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Solok pada Pemilu 2024 ini. Diharapkan agar juga berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

Disampaikannya, secara khusus Pemerintah Kabupaten Solok memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada jajaran keamanan, baik TNI maupun Polri, Sat Pol PP, Linmas dan aparat keamanan lainnya yang selalu mendampingi KPU mengikuti alur tahapan Pemilu 2024 di Kab. Solok. “Karena tanpa pengamanan yang baik, maka jalannya Pemilu tidak akan aman dan kondusif,” jelasnya.

Bupati Solok mengatakan, sekarang kita mengikuti kegiatan yang menjadi bagian penting kesuksesan pelaksanaan Pemilu serentak 2024. “Saya berharap tahapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara ini dapat berjalan aman, lancar dan tertib, sesuai dengan aturan yang berlaku,” ucapnya lagi.
“Saya mengajak seluruh pihak untuk menjaga persatuan dan kesatuan pasca pencoblosan suara. Mari hindari konflik, karena pada akhirnya kita semua adalah saudara sebangsa dan setanah air,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Hasbullah Alqomar menyatakan. Dasar Pleno ini dilaksanakan dikarenakan hasil rekapitulasi surat suara untuk tingkat Kabupaten Solok telah selesainya perhitungan perolehan suara di tingkat kecamatan. Dan hari ini KPU Kab Solok memasuki pleno pengumuman rekapitulasi hasil perolehan suara pemilu 2024.

Hasbullah Alqomar mengatakan, proses rekapitulasi di tingkat kecamatan berlangsung selama Seminggu. Proses rekapitulasi dilakukan di bawah koordinasi PPK dan PPS, hadir saksi partai dan juga panwascam, dan pihak keamanan terkait semua proses berjalan dengan lancar dan tertib.
“Alhamdulillah, proses rekapitulasi berjalan lancar tanpa kendala berarti. Dan seluruh hasil rekapitulasi juga sudah disampaikan kepada partai politik peserta pemilu,” sebutnya.

Dia menyatakan, keberhasilan dalam menyelesaikan rekapitulasi tingkat kecamatan menjadi langkah awal yang penting dalam proses demokrasi di Kabupaten Solok. Diharapkan, dengan kelancaran proses pleno tingkat Kabupatrn ini,  Penetapan hasil perolehan suara pemilu 2024 di wilayah ini dapat dilakukan dengan tepat waktu dan akurat, dan lancar.
“Kami  mengajak seluruh masyarakat untuk terus memberikan dukungan dan partisipasi dalam proses demokrasi ini. Partisipasi masyarakat sangatlah penting dalam menjamin keberhasilan dan legitimasi dari proses pemilu,” tambahnya.

Dikatakan dia, KPU Kabupaten Solok sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan pemilu, pihaknya menegaskan komitmennya bersama semua pelaksana dan insur terkait. Untuk menjalankan tugas dengan profesionalisme dan transparansi. “Insha Allah, semua proses akan dilakukan dengan cermat dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tutupnya.

Sebelumnya Defil Komisioner Devisi Hukum dan Pengawasan mengatakan, Sebelumnya, KPU Kabupaten  Solok telah merampungkan tahapan rekapitulasi di sekuruh tingkat kecamatan. Maka  Rangkaian pleno diawali dengan pembacaan formulir hasil yang disampaikan dari PPK di Kota Solok. Setelah itu dilakukan sinkronkan dengan hasil rekap dari aplikasi Sirekap.
Dikatakan dia, kesemua itu merupakan hasil resmi atau real count terhadap perolehan suara dan kursi di pemilu serentak 2024 di Kab. Solok.  “Dan hasil itu yang kita bawa dan ditetapkan di rapat pleno terbuka tingkat Kabupaten Solok, hari ini”terangnya.

Diharapkan, semua pihak dapat mengikuti prosedur dan menerima hasil rekapitulasi suara ini dengan baik. Demi untuk menjamin kelancaran proses demokrasi di Kabupaten Solok. Diharapkan semua tahapan berjalan lancar, aman dan kondusif serta berlangsung secara transparan,” katanya.
Disampaikan Defil, atas dukungan semua pihak, semua proses dan tahapan pelaksanaan pemilihan umum serentak 2024 tingkat KPU Kabupaten Solok agar berjalan dengan lancar. Walau terjadi riak-riak kecil, namun tidak menimbulkan efek yang yang merusak legitimadi jalanya pemilu tahun ini.

Pihaknya mengatakan, terkait hasil pemilihan umum 2024 di Kab. Solok, Dia menyebutkan, sebelumnya masyarakat bisa mempedomani hasil rekapitulasi tingkat kecamatan (PPK) yang ada di Kabupaten Solok yang sudah selesai atau rampung dilaksanakan.

Lalu tahapan itu mudah-mudahan terus berlangsung pada tahapan-tahapan selanjutnya, termasuk tahapan rekapitulasi perhitungan perolehan hasil suara dan penetapan hasil Pemilu yang dilaksanakan hari ini,” katanya.
Untuk itu kami dari KPU mengharapkan semua pihak tentunya harus senantiasa menjunjung tinggi azas integritas.  Agar proses pleno kita dari pihak penyelenggara dapat pengumuman hasil rekapitulasi suara Pemilu yang ditetapkan benar-benar mempresentasikan data yang sesungguhnya,” harapnya.(Wahyu)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img