Melalui Rapat Pleno Terbuka, KPU Kota Solok Umumkan HasilĀ  Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024

More articles

spot_img

Kota Solok, investigasi.news Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok umumkan rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2024 melaluiĀ  Rapat Pleno terbuka. Kesemua itu merupakan hasil resmi atau real count terhadap perolehan suara dan kursi di pemilu serentak 2024 di Kota Solok. “Dan hasil itu dibawa dan ditetapkan dalam rapat pleno terbuka tingkat Kota Solok, yangĀ dilangsungkan pada Kamis (29/2/2024) dipusatkan di Gedung Tigo Baleh.
Hadir dalam Pleno, Walikota Solok di wĆ kili Kepala Kesbangpol Kota Solok, Kapolres Sokok Kota, Kepala Kejaksaan Negri Solok, Ketua Pengadilan Kota Solok, Dandim 0309 Solok. Ketua KPU Kota Solok Ariantoni, didampingi Sekretari KPU Kota SolokĀ  Efrizon,Ā  Komisioner, Devisi Penyelenggara Tomi Farto, Devisi Sosialisasi dan Permas Yance Gafar. Desi Arisandi Kordiv Perdatin, Unsur Forkompinda Kota Sook, Perwakilan dari Ketua Partai Politik, PPK, Paswascam, PPS se Se Kota Solok, para Saksi dari masing-nasing Partai politik, dan undangan lainya.

Walikota Solok yang diwakili Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Solok Erni Suryani menyampaikan. Tahapan demi tahapan, mulai dari sosialisasi , kampanye dan pencoblosan di Kota Solok berjalan aman, tertib, lancar dan terkendali. Wajar jika ada sedikit dinamika, tetapi itu bagian dari perjalanan dinamika politik bangsa kita.

Disampaikan Wako Solok, sejauh ini semua pihak sangat mendukung penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kota Solok. Maka pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kota Solok pada Pemilu 2024 ini.Ā Ā 

Baca Juga :  Wako Buka Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah FK-WIYA Kota Solok Tahun 2023

Disampaikanya, secara khusus Pemerintah Kota Solok memberikan apresiadi dan mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada jajaran keamanan, baik TNI maupun Polri, Sat Pol PP, Linmas dan aparat keamanan lainnya yang selalu mendampingi KPU mengikuti alur tahapan Pemilu 2024 di Kota Solok. ā€œTanpa pengamanan yang baik, maka jalannya Pemilu tidak akan aman dan kondusif,ā€ jelasnya.

Wako Solok menyatakan, sekarang kita mengikuti kegiatan yang menjadi bagian penting kesuksesan pelaksanaan Pemilu serentak 2024. ā€œSaya berharap tahapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara ini dapat berjalan aman, lancar dan tertib, sesuai dengan aturan yang berlaku,ā€ ucapnya.
ā€œSaya mengajak seluruh pihak untuk menjaga persatuan dan kesatuan pasca pencoblosan suara. Mari hindari konflik, karena pada akhirnya kita semua adalah saudara sebangsa dan setanah air,ā€ tegasnya.
Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok Ariantoni mengatakan, rekapitulasi surat suara untuk tingkat Kota Solok telah selesainya perhitungan perolehan suara di tingkat kecamatan. Dan hari ini memasuki pleno pengumuman rekapitulasi hasil peroleham suara pemilu 2024.

Ketua KPU Kota Solok, Ariantoni mengatakan, proses rekapitulasi di tingkat kecamatan berlangsung selama Seminggu. Proses rekapitulasi dilakukan di bawah koordinasi PPK dan PPS, hadir saksi partai dan juga panwascam, dan semua proses berjalan dengan lancar dan tertib.
ā€œAlhamdulillah, proses rekapitulasi berjalan lancar tanpa kendala berarti. Dan seluruh hasil rekapitulasi juga sudah disampaikan kepada partai politik peserta pemilu,ā€ kata Ariantoni.
Menurutnya, Keberhasilan dalam menyelesaikan rekapitulasi tingkat kecamatan menjadi langkah awal yang penting dalam proses demokrasi di Kota Solok. Diharapkan, dengan kelancaran proses pleno tingkat Kota ini.Ā  Penetapan hasil perolehan suara pemilu 2024 di wilayah ini dapat dilakukan dengan tepat waktu dan akurat.
“KamiĀ  mengajak seluruh masyarakat untuk terus memberikan dukungan dan partisipasi dalam proses demokrasi ini. Partisipasi masyarakat sangatlah penting dalam menjamin keberhasilan dan legitimasi dari proses pemilu,” tambahnya.
Dikatakan dia, sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan pemilu, KPU Kota Solok menegaskan komitmennya untuk menjalankan tugas dengan profesionalisme dan transparansi. “Insha Allah, semua proses akan dilakukan dengan cermat dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tutupnya.
Sebelumnya Komisioner, Devisi Penyelenggara Tomi Farto, mengatakan, Sebelumnya, KPU Kota Solok telah merampungkan tahapan rekapitulasi tingkat kecamatan. Rangkaian pleno diawali dengan pembacaan formulir hasil yang disampaikan dari PPK di Kota Solok. Setelah itu dilakukan sinkronkan dengan hasil rekap dari aplikasi Sirekap.
Kesemua itu merupakan hasil resmi atau real count terhadap perolehan suara dan kursi di pemilu serentak 2024 di Kota Solok.Ā  “Dan hasil itu yang akan kita bawa dan ditetapkan di rapat pleno terbuka tingkat Kota Solok, hari iniā€terangnya.
Diharapkan, semua pihak dapat mengikuti prosedur dan menerima hasil rekapitulasi suara ini dengan baik. “Demi untuk menjamin kelancaran proses demokrasi di Kota Solok. Dan semua tahapan berjalan lancar, aman dan kondusif serta berlangsung secara transparan,” katanya.
Disampaikan Tomi Farto, atas dukungan semua pihak, semua proses dan tahapan pelaksanaan pemilihan umum serentak 2024 tingkat Kota Solok berjalan dengan lancar. Walau terjadi riak-riak kecil, namun tidak menimbulkan efek yang yang merusak legitimadi jalanya pemilu tahun ini.

Baca Juga :  Walikota Solok Pimpin Apel Gabungan Pasca Idul Fitri 1444 H

Ā ” Bahkan, di Kota Solok tidak terdapat kejadian yang mengharuskan pelaksanaan Pemilihan Suara Ulang (PSU).” sebutnya.

Sementara Devisi Sosialisasi dan Permas Yance Gafar mengatakan, terkait hasil pemilihan umum 2024 di Kota Solok, Yance menyebutkan, masyarakat bisa mempedomani hasil rekapitulasi tingkat kecamatan (PPK) di dua Kecamatan di Kota SolokĀ  yang sudah selesai atau rampung dilaksanakan.
Lalu tahapan itu mudah-mudahan terus berlangsung pada tahapan-tahapan selanjutnya, termasuk tahapan rekapitulasi perhitungan perolehan hasil suara dan penetapan hasil Pemilu yang dilaksanakan hari ini,” katanya.
Untuk itu kami dari KPU mengharapkan semua pihak tentunya harus senantiasa menjunjung tinggi azas integritas.Ā  Agar proses pkeno pengumuman hasil rekapitulasi suara Pemilu yang ditetapkan benar-benar mempresentasikan data yang sesungguhnya,” harapnya…(Wahyu)

spot_img
spot_img

Latest

spot_img