KPU Pariaman Sosialisasikan Tahapan Pilkada 2024

More articles

spot_img

Pariaman, investigasi.news – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman menggelar sosialisasi tahapan dan jadwal pelaksanaan pemilihan serentak nasional tahun 2024. Acara ini berlangsung di Aula Sambalado Pariaman pada Selasa, 14 Mei 2024, dengan dihadiri oleh seluruh camat dan kepala desa/lurah se-Kota Pariaman.

Ketua KPU Kota Pariaman, Ali Unan, menyatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang jelas kepada semua pihak terkait proses dan tahapan pemilihan serentak. “Hari ini kita melaksanakan sosialisasi kepada seluruh stakeholder, termasuk camat dan kepala desa/lurah se-Kota Pariaman, terkait pemilihan serentak di Kota Pariaman,” ujar Ali Unan.

Ali Unan juga menjelaskan bahwa saat ini KPU Kota Pariaman sedang melakukan rekrutmen Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK). “PPK akan ditempatkan di kantor camat, sedangkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan menempati sekretariat di kantor desa,” jelasnya.

Terkait anggaran Pilkada di Kota Pariaman, Ali Unan mengungkapkan bahwa proses pencairan dana hibah sebesar 14 miliar rupiah sedang berlangsung. “Tahap pertama telah cair 40%, dan sisanya 60% akan segera cair dalam waktu dekat ini berdasarkan kebutuhan yang diajukan,” tambahnya.

Ali Unan juga menyampaikan bahwa pengumuman PPK dilakukan hari ini dan pelantikan akan dilaksanakan besok, Kamis, 16 Mei 2024. “Untuk PPS, ujian CAT akan dilaksanakan besok di seluruh kecamatan di Kota Pariaman,” lanjutnya.

Selain itu, Ali Unan menekankan pentingnya keterlibatan kepala desa dan lurah dalam mendukung sosialisasi KPU. “Kami berharap setiap kegiatan di desa dan kelurahan melibatkan KPU agar bisa langsung sosialisasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menargetkan partisipasi pemilih di Kota Pariaman bisa mencapai 80% pada pemilihan serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024. “Kami akan fokus pada kegiatan-kegiatan yang menyentuh pemilih pemula untuk mencapai target partisipasi tersebut,” pungkasnya.

Pilkada serentak tahun 2024 akan mencakup pemilihan gubernur, wali kota, dan wakil wali kota di seluruh Indonesia, termasuk Kota Pariaman

**Afri.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img