Menuju Pemilu, Sinergi KPU dan Media untuk Sukseskan Demokrasi

More articles

spot_img

Batu, Investigasi.news – Sebagai Kota Batu bersiap menyongsong Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu telah menggelar sebuah acara penting, di mana sinergi antara KPU dan media menjadi fokus utama.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto, Sekretaris KPU Rudi Gumilar, serta Slamet Hendro Kusumo MM, seorang mantan wartawan Suara Indonesia yang kini menjadi bagian dari komunitas budayawan Kota Batu. Marlina, dari Divisi Sosdiklih, Parmas, SDM KPU Kota Batu, juga hadir dalam acara yang berlangsung di Hortensia Cafe & Resto (Kusuma Agrowisata Hotel) Kota Batu pada Selasa, 14 Mei 2024, dari pukul 15.30 hingga 19.00 WIB.

Heru Joko Purwanto, dalam pidatonya, menegaskan peran penting media dalam menjalankan proses Pilkada 2024 dengan sukses. “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir, terutama kepada rekan-rekan media yang telah aktif berperan dalam mendukung pelaksanaan Pilkada 2024. Kenaikan minat partisipasi masyarakat Kota Batu pada Pemilu 2024 sebesar 28% adalah bukti konkret dari peran media dalam mempromosikan kegiatan KPU, sehingga masyarakat semakin tertarik dan antusias untuk mengikuti perkembangan Pemilu 2024,” ungkapnya dengan tulus.

Selain itu, Heru juga menyoroti peran penting media sebagai garda terdepan dalam memberikan pemahaman politik kepada masyarakat. “Peran media dalam memberikan pemahaman politik kepada masyarakat sangatlah penting untuk mendorong partisipasi aktif dalam proses demokrasi. Kami berharap bahwa Pilkada 2024 di Kota Batu akan menjadi yang terbaik dan memberikan contoh yang berbeda dari kota-kota lain di Indonesia,” tambahnya.

Slamet Hendro Kusumo MM, dalam perannya sebagai narasumber, memberikan pandangannya tentang pemberitaan yang inspiratif. “Wartawan harus mampu menggali lebih dalam mengenai apa yang mendorong seorang calon untuk mencalonkan diri, sehingga masyarakat dapat mengenal calon tersebut dengan lebih baik,” katanya dengan penuh keyakinan.

Marlina, yang juga hadir dalam acara tersebut, menjelaskan berbagai tahapan yang akan dilalui dalam Pilkada mendatang. “Pada tahun 2019, KPU Kota Batu berhasil mencapai partisipasi pemilih sebesar 77%, dan kami melihat peningkatan menjadi 82% pada Pilkada 2024, yang menunjukkan bahwa target partisipasi masyarakat telah tercapai,” jelasnya dengan optimisme.

Tahapan pendaftaran calon akan berlangsung dari tanggal 27 hingga 29 Agustus, diikuti dengan penetapan calon pada tanggal 22 September. Kemudian, kampanye akan dimulai pada tanggal 25 November, dan pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024,” paparnya dengan rinci.

Guh

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img