Terobosan Keselamatan Transportasi: Pariaman Gelar Rampcheck Serentak, Siapkan Terminal Mutakhir Jelang Lebaran

More articles

spot_img

Pariaman, Investigasi.news – Dalam upaya meningkatkan standar keselamatan dan kenyamanan angkutan umum, Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad, menghadiri kegiatan Inspeksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Rampcheck) pada Rabu, 20 Maret 2024, di Terminal Tipe A Jati Pariaman. Kegiatan ini menyasar kendaraan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP), diikuti dengan pemasangan stiker laik jalan untuk kendaraan yang memenuhi syarat teknis.

Kolaborasi antara Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Sumatera Barat, M.Majid, Jasa Raharja, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pariaman dalam rampcheck ini menunjukkan komitmen bersama dalam menjamin keamanan penumpang. Yota Balad menekankan pentingnya kerjasama dengan BPTD untuk meningkatkan pelayanan, terutama bagi angkutan yang tiba malam hari, memastikan keamanan dan kenyamanan para penumpang.

Peningkatan fasilitas Terminal Jati juga menjadi sorotan, dengan rencana penambahan fasilitas AC, mushalla, dan peningkatan kebersihan untuk memastikan kenyamanan penumpang. Yota Balad juga menyinggung peningkatan potensi mudik, di mana kualitas angkutan umum yang semakin baik menarik minat perantau untuk mudik dengan aman dan nyaman.

M.Majid menambahkan, inspeksi ini berlangsung serentak di lima terminal utama di Sumatera Barat, sebagai bagian dari pengawasan pemenuhan persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan umum menjelang lebaran 2024. Terminal- terminal tersebut meliputi Terminal Anak Air Kota Padang, Terminal Bareh Solok, Terminal Simpang Aur Bukittinggi, dan Terminal Kiliran Jao di Sijunjung, selain Terminal Jati Pariaman.

Penekanan pada pemeriksaan teknis kendaraan, seperti kondisi ban dan peralatan keselamatan, memastikan bahwa kendaraan yang beroperasi tidak hanya memenuhi standar keselamatan tetapi juga memberikan kenyamanan bagi penumpang. Pemasangan stiker laik jalan dan stiker dengan catatan perbaikan menegaskan komitmen terhadap peningkatan kualitas layanan angkutan umum di Sumatera Barat.

Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya peningkatan standar keselamatan dan kenyamanan transportasi publik, sekaligus mendukung kegiatan mudik Lebaran dengan lancar dan aman.

**Afri

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img