Bawaslu Kota Solok Resmi Lantik Anggota Panwaslu Kecamatan Se-Kota Solok

More articles

spot_img

Kota Solok, nvestigasi.news-Untuk Mensukseskan Pemilu Kada Serentak de Indonesia, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Solok Sumatra Barat secara Resmi melantik dan pengambilan sumpah janji 6 orang anggota Panwascam se-Kota Solok, bertempat di Mami Hotel Kota Solok pada Sabtu, (25/5/2024).

Kelangsungan Pelantikan dan pengambilan sumpah janji itu, dilaksanakan langsung Ketua Bawaslu Kota Solok Rafiqul Amin. Disaksikan Walikota Solok yang diwakili Kepala Kantor Kesbang Pol Kota Solok, unsur Forkompinda Kota Solok. Juga dihadiri Kepala kesekretariatan Bawaslu Agustim Melta, Ilham Eka Putra, SE.MM, Devisi HP2H, didampingi Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Eka Rianto, BPP Bawasku Kota Solok Rita Nofrianti SH, dan anggota beserta staf Bawaslu yang ada yang hadir.

Momentum acara diawali laporan Sekretaris Bawaslu Kota Solok Agustim Melta yang juga selaku Ketua Panitia acara menyampaikan. Sesuai dengan keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Solok Nomor : 028/KP.00/K.SB-19/05/2024.

Bahwa dalam rangka pelaksanaan pengawasan kelangdungan Pilkada serentak 2024. Sangat perlu ditetapkan panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan se-Kota Solok untuk Pilkada serentak tahun 2024.

Baca Juga :  Komunitas Kicau Mania Dukung Gebyar Vaksin Polres Solokkota

Maka nama tersebut telah ditetapkan berdasarkan keputusan Nomor : 013/KP.01.00/ K.SB-29/Pokja/05/2024.tertanggal 22 Mai 2024, dan telah ditetapkan sebagai anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Solok untuk pilkada serentak 2024. Adapun anggota Panwascam de-Kota Solok Pilkada serentak 2024 yang ditetapkan adalah.

Kecamatan Lubuk Sikarah :

1. Ikhsan Noferly Sani, S.Kom

2. Joni Eka Putra, SE

3. Gorry Hermayanto,S.T

Kecamatan Tanjung Harapan :

1. Alexandra

2. Irva Deri

3. Jhon Hendri,A.Md.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Solok Rafiqul Amin mengatakan, Pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 di seluruh daerah Indonesia. Tidak terkecuali di Kota Solok pelaksanaanya telah diambang pintu dan menunggu hitungan hari.

Untuk itu, dia berpesan kepada anggota Panwascam se- Kota Solok yang baru dilantik hari ini. Agar mampu melaksanakan amanah tugas dengan sebaik-baiknya. Serta mampu mengevaluasi terhadap jalanya Pemilu kemarin. Utamanya soal pencegahan, pengawasan, dan penanganan dugaan pelanggaran jika terjadi.

“Sumpah dan janji dalam pakta integritas yang kita bacakan, itu melekat. Orang lain mungkin tidak tahu, tapi tuhan mengetahui Itu, maka jalankan amanah ini dengan baik,” ujar Rafigul Amin.

Baca Juga :  BBKS Wilayah I Sumatera Santuni Korban Kebakaran Di Kota Solok

Dia menegaskan, pelantikan Panwas Kecamatan Pilkada Serentak 2024 ini berdasarkan juknis dari Bawaslu RI dengan menggunakan dua metode. Yang pertama metode evaluasi Panwascam Pemilu 2024, dan metode pendaftar baru. Mereka ini dipilih melalui mekanisme rekruitmen yang terbuka dan transparan serta diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat.”jelasnya.

Rafiqul Amin menyampaiakan, kesemuanya adalah setelah mengikuti serangkaian tes. Diantaranya telah lolos pendaftaran berkas, tes CAT dan wawancara maka terpilihlah 6 orang Panwascam se-Kota Solok yang berasal dari dua Kecamatan yang ada.

Dia berharap seluruh Panwascam yang telah dilantik ini, agar bisa segera bekerja untuk mengawasi. Seluruh tahapan jalannya Pilkada Serentak 2024 di tingkat kecamatan di Kota Solok, sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Selamat kepada Panwascam yang telah dilantik. Semoga bisa bekerja menciptakan demokrasi yang berintegritas dan bermartabat. Apabila menemukan pelanggaran-pelanggaran siap menindaklanjuti di tingkat kecamatan.”harapnya.

Sementara Walikota Solok diwakili Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Solok Eni meminta. Agar Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kota Solok. Supaya mampu dalam mengemban amanah untuk mengawal dan menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Solok tahun 2024, yang demokratis, bermartabat, dan berintegritas.

Baca Juga :  Launching GNPIP dan UMKM Ekpo, Wawako Solok Ikut Pengendalian Inflasi Pangan

Pihaknya juga berpesan, agar Panwascam melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan dan kode etik. Serta selalu jaga independensi, netralitas, profesionalisme dan integritas.

Walikota Solok menyatakan apresiasinya atas pelantikan anggota Panwascam Pilkada 2024 di Kota Sokok. Pemerintah Kota Solok sangat mendukung seluruh kegiatan Pilkada. “Karena Plkada menjadi sangat penting dan menjadi kata kunci karena merupakan tonggak awal penyelenggaraan Pembangunan lima tahun ke depan di suatu daerah termasuk di Kota Solok sendiri,” sebutnya,” ujarnya.

“Pihaknya harap saudara semua mampu meminimalisir segala bentuk penyimpangan pelanggaran dalam penyelenggaraan seluruh tahapan Pilkada tahun 2024 yang sudah diambang pintu. Hal itu dengan tujuan agar pelaksanaan Pilkada di Kota Solok nantinya berjalan sukses tanpa ekses, lancar, aman dan kondusif,” cetusnya.

“Selamat kepada seluruh anggota Panwascam yang sudah dilantik. Semoga tugas yang diemban dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Saya berharap dapat bekerja secara profesional, berintegritas, jujur dan adil serta menjaga netralitas. jalanya Pilkada 2024 nantinya,” ujarnya…(Wahyu)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img