Bersama Deputi III BNPB, Pj Wako Sonny Ikuti Rapat Koordinasi Persiapan Kunjungan Kerja Presiden RI ke Sumbar

More articles

spot_img

Padang Panjang, investigasi.news — Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si bersama Deputi III Bidang Penanganan Darurat BNPB, Fajar Setiawan ikuti Rapat Koordinasi Persiapan Kunjungan Kerja Presiden RI ke Sumbar via Zoom Meeting di ruang VIP Balai Kota, Jumat (17/5/2024).

Kedatangan Presiden Joko Widodo ke Sumbar, dijadwalkan untuk mengunjungi beberapa tempat dan fasilitas umum, salah satunya Kota Padang Panjang yang terkena dampak dari banjir lahar dingin yang terjadi beberapa waktu lalu.

Plt. Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media, Sekretariat Presiden, M. Yusuf Permana saat memimpin rapat koordinasi itu menyebutkan, sebelum bertolak ke Sumbar, ada beberapa langkah dan persiapan yang harus diperhatikan demi menjaga keamanan, kenyamanan serta kelancaran saat kunjungan presiden dan rombongan.

“Besok terlebih dahulu akan dilakukan peninjauan dan kesiapan lapangan oleh tim advance dari Paspampres. Setelah itu baru dirapatkan kembali dan dilaporkan bagaimana situasi di lapangan kepada Bapak Presiden,” sebutnya.

Pihaknya meminta Pemerintah Daerah yang akan menjadi tujuan dari kunjungan kerja, agar mempersiapkan segala sesuatu hal yang sekiranya dibutuhkan dan diperlukan saat kunjungan nanti.

“Kita meminta Pemerintah Daerah khususnya yang terdampak untuk mempersiapkan ini dari awal. Kita juga akan terus memantau bagaimana perkembangan tinjauan lapangan dari Paspampres. Semoga semuanya berjalan lancar dan Bapak Presiden bisa berkunjung dan menyapa warga masyarakat di sana,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Pj Wako Sonny meminta kepada OPD dan stakeholder terkait agar mulai mempersiapkan segala sarana dan prasarana untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi.

“Meski kunjungan dari Bapak Presiden masih bersifat tentatif dan menunggu laporan hasil peninjauan lapangan oleh Paspampres, kita juga sudah harus mulai mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan kunjungan ini sejak awal. Sehingga kalaupun nanti kunjungan jadi, kita tidak lagi keteteran mempersiapkan semuanya,” sebut Sonny.

Sonny berharap, kunjungan kerja presiden ini bisa terealisasi. Sehingga presiden juga dapat melihat langsung bagaimana kondisi di beberapa tempat di Sumbar pascabencana banjir lahar dingin, salah satunya di Kota Padang Panjang, serta bertemu dengan masyarakat sekitar.

Sementara Fajar Setiawan memberikan usulan kepada Bidang Protokol, Pers dan Media, Sekretariat Presiden untuk kunjungan kerja presiden bisa dipusatkan di Kota Padang Panjang dengan berbagai pertimbangan yang ada.

“Jadi nantinya setelah mendarat di BIM, Bapak Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan melalui jalur udara menggunakan helikopter dan mendarat di Lapangan Bancalaweh Padang Panjang. Setelah itu kalau memungkinkan, baru melanjutkan perjalanan lewat darat ke beberapa lokasi yang terdampak,” usulnya.

Turut hadir pada rakor tersebut, perwakilan dari Paspampres, Korem 032/Wirabraja, Sospadam 1/BB, Pemerintah Kabupaten Agam, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Pj Sekdako, Dr. Winarno, ME, kepala OPD dan pihak terkait lainnya. (rifki/kamal)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img