Disdukcapil Padang Panjang Luncurkan 5 Inovasi Baru

Padang panjang, investigasi.news — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang, kembali hadirkan Inovasi dalam menunjang pelayanan untuk masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan.

Inovasi terbaru dari Disdukcapil Padang Panjang tersebut, dilaunching langsung oleh Pj Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra bersama Kadis Dukcapil Prov Sumbar, Besri Rahmad pada kegiatan Launching Inovasi dan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan dan Pelaksanaan Administrasi kependudukan Dinas Dukcapil Provinsi Sumbar dan Kota Kabupaten se sumbar di Rumah Dinas Wali Kota Padang Panjang, Rabu (20/12).

Lima Inovasi terbaru dari Disdukcapil Padang Panjang yakni, Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), Dukcapil bermitra (Dukcapil Memberikan Layanan Administrasi Kependudukan hingga Perumahan), Uda Wako (Urus Dokumen Daerah Asal Warga), Uda Pabasko (Urusan Dokumen Adminduk Padang Panjang Sepuluh Koto), dan Bertaubat (Bersama Rumah Tahanan Update Data Warga Binaan dan Terbitkan Dokumen Kependudukan)

Pj Wali Kota Padang Panjang Sonny Budaya Putra mengatakan, saat ini Administrasi Kependudukan ini adalah kebutuhan yang sangat mendasar di kehidupan bermasyarakat. Data Kependudukan sabagaimana yang diamanatkan dalam Undang Undang Administrasi Kependudukan telah menjadi dasar dalam berbagai hal.

“Jadi memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, khususnya dalam bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, harus menjadi komitmen oleh seluruh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan Alhamdulillah, hal tersebut diinterpretasikan dengan baik oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang,” ucap Sonny Budaya Putra.

Dikatakan Sonny, pelayanan publik yang profesional dan berkualitas sudah menjadi keharusan di semua tingkatan baik di pemerintahan pusat dan daerah sebagai salah satu agenda reformasi birokrasi.

“Sebagai etalase Pelayanan Publik Pemerintah Daerah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang senantiasa berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ungkap Sonny.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Kota Padang Panjang, Rudi Suarman mengatakan, jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil selalu berbenah, serta terus berupaya dan berinovasi agar Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kota Padang Panjang ini semakin cepat dan mudah.

“Dengan pemanfaatan Data Kependudukan yang kini sudah semakin luas, Layanan Dukcapil bukan lagi menjadi Pelayanan Dasar, namun telah menjadi dasar bagi semua pelayanan dasar. Berbagai Layanan Publik membutuhkan NIK sebagai pintu masuk untuk mengakses berbagai layanan tersebut,” tutur Rudi Suarman.

Dikatakannya lagi, hingga Tahun 2022 lalu total 26 inovasi telah di uncurkan Disdukcapil Kota Padang Panjang, berbagai prestasi telah diraih baik di tingkat nasional maupun daerah.

“Bukan hanya sekedar pamer prestasi. Inovasi sebagai mesin penggerak untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan memberikan pelayanan publik yang mudah, cepat, dan optimal,” ungkap Rudi.

Terpisah, Kepala Bidang Piak dan PD Disduk Capil Padang Panjang Winda A Rezzo mengatakan, dengan semangat “Memberikan Pelayanan yang membahagiakan masyarakat”, Disdukcapil terus berinovasi agar pelayanan yang diberikan menjawab kebutuhan masyarakat agar citra penyelenggara pelayanan publik semakin baik.

“Alhamdulillah, Tahun 2023 ini kami kembali meluncurkan 5 inovasi lagi yakni Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), Dukcapil bermitra (Dukcapil Memberikan Layanan Administrasi Kependudukan hingga Perumahan), Uda Wako (Urus Dokumen Daerah Asal Warga), Uda Pabasko (Urusan Dokumen Adminduk Padang Panjang Sepuluh Koto), dan Bertaubat (Bersama Rumah Tahanan Update Data Warga Binaan dan Terbitkan Dokumen Kependudukan),” tutur Rezzo. Km/rel

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles