Pj Wako Sonny Resmikan Gedung NICU RSUD

More articles

spot_img

Padang panjang, investigasi.news – Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si resmikan Gedung Neonatal Intensive Care Unit (NICU) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Panjang, Jumat (19/4).

Pembangunan gedung tersebut melalui Dana Alokasi Khusus 2022 dan APBD Kota 2023.

Fasilitas ini merupakan komitmen Pemerintah Kota dalam pemenuhan pelayanan kesehatan yang terbaik, dan upaya meningkatkan mutu layanan kesehatan khususnya bagi bayi baru lahir.

Dalam sambutannya, Pj Wako Sonny menyampaikan, keberadaan gedung NICU ini dapat dimanfaatkan dalam menjawab tantangan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan terutama dalam mengakomodir kebutuhan untuk perawatan bayi secara intensif.

“Dengan adanya gedung NICU ini akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Padang Panjang secara keseluruhan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, masalah angka kematian bayi merupakan salah satu isu yang serius dan penting untuk diantisipasi. Penanganan bayi baru lahir yang perlu perawatan khusus membutuhkan fasilitas perawatan yang mumpuni namun tidak banyak rumah sakit yang memiliki fasilitas perawatan ini.

“Seiring dengan lengkapnya sarana dan prasarana serta fasilitas di RSUD Padang Panjang, tentu harus dibarengi dengan peningkatan kapasitas para tenaga medis,” tuturnya lagi.

Gedung NICU tersebut dilengkapi dengan ruang Perinatologi, ruang ibu menyusui, ruang penyimpanan ASI, ruang perasat dan ruangan lainnya.

“Kita menyediakan ruang ibu menyusui yang tidak hanya kita berikan waktu terbatas, namun kesehatan anak ini juga sangat bergantung dengan kedekatannya dengan sang ibu,” ungkap Direktur RSUD, dr. Lismawati R, M.Biomed, Sp.PA saat mendampingi rombongan meninjau gedung NICU yang sudah diisi satu bayi yang berusia 18 hari.

Ikut hadir Kapolres, AKBP Kartyana Widyarso Wardoyo Putro, SIK, MAP, Kepala Kejaksaan Negeri, Jerniaty, M.H, Pj Sekretaris Daerah, Dr. Winarno, M.E, Kepala Bank Nagari, Imelda Angreini, S.E, Staf Ahli, Asisten, kepala OPD, Clcamat, lurah dan tim medis serta nonmedis RSUD dan lainnya.

Pada peresmian tersebut, RSUD juga memberikan penghargaan kepada Kejaksaan Negeri atas pendampingan hukum kepada RSUD selama pembangunan gedung ini. Km/rel

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img