Pemkab Pasbar Anggarkan 800 Juta Bangun Jalan Ke Rura Patontang

More articles

spot_img

Pasbar, investigasi.news-Sebanyak Rp 800 juta, anggaran di gelontorkan oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) , untuk membangun jalan menuju Rura Patontang di Kecamatan Koto Balingka, pada tahun 2024 ini.

“Setelah kita lakukan peninjauan langsung ke Rura Patontang, kita sangat kasihan sekali melihat kondisi jalan disana,”kata  Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Pasbar, Elifsan pada Wartawan Jumat (19/4).

Dikatakab Elifsan,  bahwa berdasarkan petunjuk khusus bupati, anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk pengerasan jalan dan pelebaran jalan menjadi 10 meter sepanjang 1,5 kilometer, dan kita berharap, dengan adanya perbaikan dan pelebaran jalan itu , maka masyarakat nanti bisa menggunakan kendaraan roda empat empat melalui jalan tersebut.”ujarnya.

Dijelaskan Elifsan, daerah Rura Patontang menjadi atensi Bupati Pasbar, H.Hamsuardi, agar segera diperbaiki. Untuk itu, kita telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 800 juta agar jalan itu bisa dilalui oleh kendaraan roda Empat. Saat ini kondisi jalan sebagian besar tanah dan tidak bisa ditempuh oleh kendaraan roda empat karena lebarnya hanya sekitar tiga meter,” teranya.

Pengerjaannya segera kita lakukan dengan melibatkan TNI melalui program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD. Tentu pembangunan berbagai jalan dan akses lainnya dilakukan secara bertahap sesuai dengan anggaran yang ada,” jelasnya.

Terpisah Bupati Pasbar, H.Hamsuardi mengatakan, Selain itu, kita akan dibangun jembatan yang ada di jalan itu karena saat ini menggunakan jembatan darurat atau jembatan sementara.

Dengan adanya pembangunan jalan itu, diharapkan keterisoliran Rura Patontang secara perlahan akan dilepaskan,”kata Hamsuardi.

Selain anggaran untuk jalan Rura Patontang yang disiapkan, pihaknya juga telah menyiapkan anggaran jalan batas dengan Sumatera Utara di Jorong Sigantang Aek Nabirong untuk pembukaan jalan sekitar satu kilometer. “terang Hamsuardi.

“Mudah-mudahan pengerjaannya segera dilakukan sehingga tidak ada lagi masyarakat Rura Patontang yang sakit menggunakan tandu dan bisa menggunakan kendaraan roda empat menuju rumah sakit terdekat,” harapnya. (Malin)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img