Bupati Pasbar Hadiri Upacara HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas Tingkat Nasional

More articles

spot_img

Pasbar, investigasi.news-Bupati Pasaman Barat (Pasbar), H. Hamsuardi, mengikuti acara upacara Peringatan HUT ke-74 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan HUT ke-62 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) tingkat nasional tahun 2024 digelar di halaman Istana Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (3/3).

“Kita sengaja mengikuti, acara upacara Sat Pol PP dan Satlinmas yang di pusatkan di Kota Padang, “kata Hamsuardi.

Dikatakan Hamsurdi, kita juga mengucapkan selamat hari jadi Satpol PP ke-74 dan Satlinmas ke-62 tahun, sedangkan tema rakornas pada HUT itu adalah Peran Satpol PP dan Satlinmas, dalam Menciptakan Trantibumlinmas Mendukung Pemilu dan Pilkada 2024.

“Pilkada akan berlangsung serentak pada tanggal 27 November 2024 mendatang, untuk itu , semoga Satpol PP dan Satlinmas semakin profesional dan solid dalam mengemban tugas, serta memberi perlindungan yang maksimal kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Pasbar,”ungkapnya.

Pada gelar Pasukan Satpol PP, dan Satlinmas itu juga digelar penyerahan penghargaan Karya Bhakti peduli Satpol PP kepada daerah oleh Kemendagri, atraksi secara simbolik pergantian baju anggota linmas terbaru.

Terimakasih juga kita ucapkan pada display Drum Band Satpol PP dan Satlinmas Kab/kota se Sumbar, atraksi penyelenggaraan trantibum Kota Bukittinggi dan atraksi trantibum Kota Padang Panjang serta atraksi dari IPDN Regional Sumbar.”terangnya.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sumbar, melalui Gubernur Mahyeldi dan Wakil Audy Joinaldi yang telah menyelenggarakan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas Tingkat Nasional 2024 itu. Ia juga mengapresiasi dedikasi Satpol PP dan Satlinmas se Indonesia dalam menjalankan tugas-tugasnya. Ungkap Hamsuardi.

Terpisah Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan, Satlinmas mempunyai sejarah dari masa pemerintahan Hindia Belanda dengan nama Lutch Bescherming Dients yang merupakan organisasi masyarakat untuk menghadapi serangan Jepang. Setelah kemerdekaan.”kata Mahyeldi.

Satlinmas, diberi nama Pertahanan Sipil atau Hansip pada 1962. Kemudian Hansip berubah nama menjadi Linmas namun tidak merubah fungsi dan perannya dalam melindungi masyarakat”, tambahnya.

Lebih lanjut , ia mengungkapkan bahwa, Satpol PP merupakan ujung tombak dalam menegakkan peraturan daerah. Peran yang sangat penting dan menjadi komponen utama bersama unsur lainnya dalam menjaga keamanan masyarakat serta menegakkan hukum khususnya peraturan daerah. Ujar Mahyeldi.

Peran Satpol PP dan Linmas juga sangat dirasakan saat pemilu 14 februari lalu. Keberlangsungan pemilu, membutuhkan manajemen agar tidak terjadi konflik yang menghancurkan. Begitu juga dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November mendatang.

“Indonesia melaksanakan pemilu serentak dalam satu hari penuh, baik presiden, legislatif di DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi hingga kabupaten. Semua bahu-membahu, peran Satpol PP dan Linmas menjadi sangat besar. Kesuksesan pemilu tidak bisa di claim oleh satu pihak, namun tak bisa dipungkiri salah satunya adalah karena efektivitasnya pelaksanaan Satpol PP dan Linmas”, Jelasnya. (Malin/ila)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img