Kota Payakumbuh Selalu Menjadi Peringkat 1 Pada Teknologi Tepat Guna Unggulan Tingkat Sumbar

More articles

spot_img

Payakumbuh, investigasi.news – Win streak, sejak 2019 – 2023 Kota Payakumbuh selalu menjadi peringkat pertama pada lomba Teknologi Tepat Guna Unggulan di tingkat Sumatera Barat (Sumbar).

 

Dengan Inovasi Komba Milea (Kompor berbahan bakar minyak jelantah berbasis Solar Cell) yang digagas oleh Afriandi (IKM Andira) berhak mewakili Sumbar ke tingkat nasional.

 

Mendengar hal itu, Pj. Wali Kota Payakumbuh Suprayitno sangat bangga dengan karya anak nagari yang sensitif terhadap permasalahan di lingkungan sekitar.

 

“Saya sangat bangga sekali dengan inovasi ini, apalagi saat ini isu pencemaran lingkungan lagi seksi-seksinya dibahas di forum internasional. Anak nagari kita hadir disini menjawab tantangan itu,” kata Pj. Wali Kota Payakumbuh Suprayitno di Payakumbuh, Selasa (11/06/2024).

 

Ia menyebut, dengan adanya kompor berbahan bakar minyak jelantah berbasis energy Solar Cell ini, secara tidak langsung dapat mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah industri yang dihasilkan dari sisa minyak goreng hasil produksi.

 

“Dan yang paling utama dari inovasi ini, bisa menjadi energi baru penganti gas dan listrik PLN yang dirasa menambah tingginya biaya produksi usaha khususnya bidang kuliner,” ucapnya.

 

“Selamat kepada Afriandi selaku inovator, kita selalu memberikan dukungan yang besar melalui fasilitasi pengembangan dan penyempurnaan inovasi. Selamat berjuang dan membanggakan Kota Payakumbuh dikanca Nasional,” tutupnya.

 

Sementara itu, Kepala BAPPEDA Kota Payakumbuh Yasrizal, selaku pembina bidang inovasi dan teknologi terus berjibaku dalam kompetisi ini.

 

“Melalui penjaringan yang didukung tim ahli, didapat inovasi Komba Milea dan beberapa inovasi lainnya menjadi utusan Kota Payakumbuh. Alhamdulillah Kota Payakumbuh meraih Penghargaan sebagai Juara 1 Tingkat Provinsi dan mewakili Sumbar maju ke tingkat nasional tahun 2024,” ucapnya.

 

Dikesempatan itu juga, Sub Kord. Inovasi dan Teknologi BAPPEDA Kota Payakumbuh Robby Hafanos selaku pendamping pengembangan inovasi menjelaskan, dalam menghadapi kompetisi tingkat nasional nanti, sesuai instruksi Pj. Wali Kota akan dilakukan persiapan yang matang terkait penyempurnaan dan pengembangan inovasi serta pendaftaran paten. Selanjutnya akan dilakukan ujicoba pemasaran melalui digital market.

 

“Penghargaan ini kita terima kemaren di Padang secara simbolis, nanti formalnya akan diserahkan langsung oleh Bapak Gubernur Sumbar saat HUT RI 79. Kita selalu optimis, mudah-mudahan tahun ini kita dapat menjadi juara nasional,” pungkasnya. (Amr)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img