Gubernur Targetkan Perbaikan Jalan Nasional di Sumbar Tuntas Jelang Lebaran

More articles

spot_img

Padang, Investigasi.news — Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengaku telah perintahkan Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) untuk intensifkan koordinasi dengan pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar.

Tujuannya menurut Mahyeldi, untuk memastikan dan mengawal proses perbaikan jalan nasional yang terdampak bencana di Sumbar bisa tuntas jelang masa mudik Lebaran 2024 nanti.

“Kita menargetkan, paling lambat H-7 Lebaran pengerjaan seluruh badan jalan nasional yang rusak sudah tuntas,” ungkap Mahyeldi di Padang, Kamis (28/3/2024).

Menyikapi arahan tersebut, Kepala Dinas BMCKTR Sumbar, Era Sukma Munaf menyebut khusus di Kabupaten Pesisir Selatan, saat ini proses perbaikan jalan yang terban telah mulai dikerjakan oleh BPJN Sumbar dengan mengandeng PT. Hutama Karya.

Dia menyebutkan, sebelumnya Menteri PUPR menargetkan pembersihan material banjir bandang yang menutupi akses jalan dan penguatan tebing-tebing sungai akan rampung dalam sepekan. Namun, karena faktor cuaca, harapan tersebut mengalami sedikit perlambatan dari target.

“Meski pun demikian. Kami bersama BPJN Sumbar optimis proses perbaikan bisa tuntas sebelum mudik lebaran dimulai,” ucap Kadis BMCKTR Sumbar.

“Artinya harapan ini, tidak hanya untuk jalan nasional yang terban di Pesisir Selatan saja, tapi juga untuk ruas jalan lainnya di Sumbar,” tukasnya.

Selain memastikan kondisi jalan aman untuk dilalui. Pemprov Sumbar bersama Polda Sumbar juga telah melakukan kesiapan guna kelancaran arus lalu lintas selama masa libur Lebaran 2024 nanti.

Diantaranya, dengan melakukan rekayasa lalu lintas untuk rute Padang – Bukittinggi yang kerap macet pada musim libur Lebaran. Diyakini, upaya tersebut akan meningkatkan kenyamanan para pengendara yang datang ke Sumbar serta bisa menekan potensi kasus kecelakaan di Sumbar. (adpsb/busan)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img