Tanah Bukit Alami Keretakan, Sekda Ingatkan Warga Tetap Waspada

More articles

spot_img

Pesisir Selatan, investigasi.news-Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Mawardi Roska mengingatkan warga yang tinggal dikawasan tanah bukit mengalami retakan di Kampuang Taratak Panas, Nagari Amping Parak Tumur, Kecamatan Sutera, untuk tetap waspada apalagi ketika terjadinya hujan deras.

“Ya, berdasarkan laporan Wali Nagari dan Camat Sutera, sebuah bukit dekat pemukiman warga di Taratak Panas, Amping Parak Tumur mengalami keretakan,”sebutnya, Rabu (3/4/2024) di Painan.

Terkait kondisi itu kata Sekda, ia mengimbau serta mengingatkan warga yang tinggal dikawasan perbukitan tersebut diharapkan untuk tetap waspada terkhusus dikala cuaca ekstrim.

“Kita imbau dan ingatkan warga yang berada di lokasi itu untuk waspada apalagi saat curah hujan tinggi. Untuk lebih aman lagi warga bisa mengungsi dulu ketempat keluarga untuk sementara waktu ketika cuaca ekstrim berlangsung,”ucap Sekda.

Diterangkannya, dari informasi yang diterima bukit tanahnya yang mengalami keretakan itu sekitar 75 meter dan kedalaman retakkan sekitar 2 meter.

Artinya, sambung Sekda, kondisi seperti itu memang mengancam rumah warga yang berada dekat kawasan bukit, dan sejauh ini sudah didata oleh pemerintah nagari.

Dimana sambungnya, rumah warga yang terancam berada di lokasi dekat kawan bukit ada sebanyak 12 unit rumah dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 15 KK.

“Jadi kembali kita ingatkan 15 keluarga tersebut untuk tetap waspada dan berhati-hati ketika terjadi hujan deras dan gempa bumi. Agar 15 keluarga tersebut selamat dari bahaya longsor akibat keretakan bukit di Taratak Panas,”tutup Sekda Mawardi Roska. Mc

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img