40 Balon Kades Ikuti Pilkades Serentak di Kota Sawahlunto

More articles

Sawahlunto, investigasi.news – Sebanyak 40 Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) terdaftar akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak sembilan desa di Kota Sawahlunto. Penutupan pendaftaran telah ditutup 31 Maret 2023 lalu dan saat ini memasuki tahapan seleksi administrasi

Adapun balon kades dari Sembilan Desa tersebut, yakni Desa Taratak Bancah sebanyak 4 orang, Desa Silungkang Oso sebanyak 5 orang, Desa Silungkang Tigo sebanyak 5 orang, Desa Kubang Utara Sikabu sebanyak 3 orang, Desa Pasar Kubang 5 orang, Desa Talawi Hilir sebanyak 5 orang, Desa Sikalang diikuti 2 orang, Desa Tumpuak Tangah 3 orang dan Desa Salak diikuti sebanyak 8 orang.

Kabid Pemerintahan Desa Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosPMDPPA), Try Syahputri menyebutkan sesuai dengan tahapan pilkades serentak untuk pelaksanaan pendaftaran bakal calon mulai 17 sampai 31 Maret 2023 lalu.

Baca Juga :  Merawat Kesehatan Mental Generasi Muda, Perspektif dan Upaya Pemko Sawahlunto

“ saat ini sedang dilakukan penelitian kelengkapan persyaratan administrasi dan klasifikasi yang jadwalnya mulai 3 sampai 12 April 2023 mendatang” kata Try Syahputri

Lebih jauh Try Syahputri merinci sebelum penetapan dan pengumuman nama Calon Kepala Desa dan nomor urut pada 08 Mei 2023, sebelumnya akan dilakukan pengajuan ujian tertulis oleh PPKD kepada Walikota melalui Camat dan pelaksanaan ujian psikotes pada 2 Mai 2023 nanti.

Dan khusus balon kades Salak harus melalui tahapan ujian guna mendapatkan penetapan 5 balon kades yang akan ikut pilkades. Dan untuk kampanye rencananya berlangsung pada 09 sampai 11 Mei 2023 dan pemungutan suara direncanakan pada 17 Mei 2023 nanti.

Baca Juga :  Subroto Mendaftar Pilkada Sawahlunto ke PPP dan PKS

“Kita berharap Pilkades yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dapat terwujud. Untuk mencapai itu adalah tugas kita bersama, tidak bisa hanya satu pihak atau satu unsur saja yang bekerja dan kepada masyarakat tetap menjaga persatuan dan ikut berpartisipasi bersama dalam menyukseskan pilkades ini “pungkasnya. (T.Ab)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest