Kwarcab Kota Sawahlunto Gelar Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka

More articles

spot_img

Sawahlunto, Investigasi.news – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Sawahlunto akan menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi Pembina pramuka. Kegiatan itu digelar di Aula Kantor Kemenang Kota itu, Kamis – Sabtu, 7 – 9 Desember 2023.

Ketua Panitia KMD Kwarcab Sawahlunto Hamadi mengatakan kegiatan yang diikuti 30 pembina dari pangkalan MI dan SDIT ini sebagai wadah meningkatkan kualitas Pembina Pramuka agar lebih sesuai dengan pola pembinaan dan pengembangan pendidikan kepramukaan di pangkalan masing-masing.

KMD ini bertujuan memberikan pengetahuan dasar dan pengalaman praktis sebagai bekal untuk Pembina dalam membina peserta didik dan mengelola satuan perindukan dan pasukan. Sasaran yang ingin dicapai, peserta dapat memahami dan menerapkan kepramukaan bagi peserta didik.

Baca Juga :  Pramuka Kwarran Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto Gelar Jambore Ranting

Meteri KMD, sebutnya meliputi teori dalam kelas selam tiga puluh jam pelajaran (jampel) dan 40 jampel praktek di lapangan. Peserta dibekali dengan metode dan teknik membina, memahami karakter peserta didik dan pengelolaan semua satuan seperti siaga, penggalang dan penegak.

Hamadi menambahkan penyelenggaraan KMD Pembina ini merupakan salah satu wujud upaya gerakan pramuka dalam mempersiapkan generasi muda menjadi generasi yang berwatak bermoral dan memiliki budi pekerti yang luhur.

Pimpinan Kursus Suminem menambahkan, pelaksanaan materi dan praktek lapangan akan diberikan dari unsur Korps Pelatih Kwarcab Sawahlunto dan rencananya akan dilanjutkan dengan kegiatan perkemahan di Bumi Perkemahan Kandi namun belum dipastikan waktu kegiatan perkemahan tersebut.

Baca Juga :  Persiapan Porkot, KONI Sawahlunto Gelar Rakor Dengan Pengkot Cabor

“ dan masing-masing Pembina akan didampingi korp pelatih guna mencapai narakarya serta mengimplementasikan materi serta praktek lapangan di pangkalan gudep masing-masing” kata Suminem.

Lebih jauh dia berharap KMD ini benar-benar akan mendorong kualitas Pembina gudep guna meningkatkan kopetensi sebagai Pembina serta mengairakan latihan dipangakalannya.

KMD yang dibuka Ketua Harian Kwarcab Kota Sawahlunto Asril dihadiri Kakan Kemenag Kota Sawahlunto Dedi Wandra itu diwarnai dengan penandatangan MoU kerjasama pembinaan kepramukaan dan penyerahan sertifikat akreditasi Gudep kepada Gudep SD 17 Pasar Baru Durian, SDIT Islahul Ummah dan MAN kota Sawahlunto. (tumpak)

spot_img
spot_img

Latest

spot_img