Pekan Budaya Desa Talawi Hilie Dibuka oleh Pj Wali Kota Sawahlunto

More articles

spot_img

Sawahlunto, investigasi.news – Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto, Fauzan Hasan, S.STP, M.Si, resmi membuka Pekan Budaya Desa Talawi Hilie pada Jumat, 24 Mei 2024. Acara ini merupakan bagian dari program pemajuan kebudayaan yang bertujuan untuk melestarikan dan mempromosikan warisan budaya lokal.

Pekan Budaya Desa Talawi Hilie diselenggarakan dengan konsep festival dan perlombaan, menampilkan berbagai aspek budaya yang unik dan khas dari daerah tersebut. Beberapa penampilan seni yang ditampilkan dalam festival ini meliputi tarian tradisional, nasyid, kasidah, dan randai, sebuah seni pertunjukan yang menggabungkan cerita, musik, dan gerak.

Selain penampilan seni, Pekan Budaya ini juga menyelenggarakan berbagai perlombaan yang menarik perhatian masyarakat. Perlombaan tersebut antara lain lomba pidato adat alua pasambahan, lomba lagu Minang, lomba baju muslim kreasi, dan lomba baju kuruang basiba. Setiap lomba dirancang untuk menggali dan menonjolkan bakat serta kreativitas peserta dalam bidang kebudayaan Minangkabau.

Salah satu acara yang paling dinanti adalah Festival Lomang Tungkek, yang menampilkan makanan tradisional khas dari Desa Talawi Hilie. Lomang Tungkek merupakan hidangan yang unik dan kaya akan cita rasa, menjadi salah satu daya tarik utama dalam Pekan Budaya ini.

Dalam sambutannya, Fauzan Hasan mengungkapkan apresiasinya terhadap upaya pelestarian budaya lokal melalui acara seperti ini. “Pekan Budaya Desa Talawi Hilie bukan hanya sekedar acara hiburan, tetapi juga wadah penting untuk menjaga dan mewariskan kebudayaan kita kepada generasi muda,” ujarnya.

Dengan diadakannya Pekan Budaya Desa Talawi Hilie, diharapkan masyarakat semakin mengenal dan mencintai budaya lokal, serta termotivasi untuk terus melestarikan dan mengembangkan warisan budaya yang ada. T.ab

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img