Bawaslu Kabupaten Solok Selatan Gelar Bimtek Pelatihan Saksi Peserta Pemilu

Muara Labuh, investigasi.News – Bawaslu Kabupaten Solok Selatan mengundang seluruh anggota Partai Politik yang lolos ikut sebagai peserta pemilu 2024-2029. Setiap Parpol diundang 5 orang anggotanya, untuk  melakukan Bimbingan teknis Terkait Fasilitasi Pelatihan Saksi Peserta Pemilu pada Pemilu tahun 2024 pada Selasa 26 Desember 2023, di Wisma Umi Kalsum kecamatan Sungai Pagu.

Hingga akhir tahun ini, Bawaslu kabupaten Solok Selatan rutin melaksanakan tahapan Sosialisasi sesuai jadwal yang telah di tetapkan undang-undang. 

Dikesempatan tersebut Ketua Bawaslu Kabupaten Solok Selatan Zulnasri membuka secara langsung Bimbingan Teknis terkait Fasilitasi pelatihan saksi peserta pemilu 2024-2029. 

Dikatakan Zulnasri, bahwa Betapa pentingnya adanya saksi dalam mengawasi jalannya proses pencoblosan dan penghitungan suara sampai selesai”.

Kemudian, Zulnasri menyinggung adanya mani politik nantinya sudah rahasia umum, namun untuk meminimalisir hal tersebut, Ketua Bawaslu menghimbau semua pihak bisa mengawasi dan melaporkan kalau ada bukti yang kuat.”

Lebih lanjut, Korsek Bawaslu kabupaten Solok Selatan Admi Munandar Secara langsung menyampaikan laporan panitia terhadap  Bimbingan Teknis tersebut.

Sementara itu, dalam bimbingan teknis, dua narasumber dari Bawaslu, menekankan agar masing-masing partai politik dalam memilih saksi yang akan diberi mandat yang betul- betul punya kemampuan, mampu menggunakan HP android. Mampu bertanggung jawab, mampu beradaptasi di lokasi TPS. berani dan bertanggung jawab melaporkan kalau ada kecurangan yang ditemukan. Dalam melaporkan masalah saksi tersebut harus bisa berkomunikasi yang baik”, Harapan kedua narasumber Bawaslu. (Deno) 

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles