Derita Penyakit Langka, Ameena Dirujuk ke RSUP M Djamil Padang

More articles

spot_img

Padang Aro, investigasi.News – Ameena Aileen (14 bulan), Baduta mengidap omfalokel berangkat ke Padang guna untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Omfalokel atau kelainan lahir (kelainan kongenital) ini adalah penyakit yang jarang terjadi yang ditandai dengan keluarnya organ dalam rongga perut. Hasil penelitianpun menunjukkan bahwa omfalokel terjadi pada 1 dari 5.000 kelahiran.

Keberangkatan Ameena ini difasilitasi oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Solok Selatan pada Minggu, 11 Februari 2024.

Buah hati dari pasangan Bayu Nasri (25 th) dan Vivi Noraseptia (27 th) adalah warga Kabupaten Solok Selatan yang beralamat di Jorong Padang Darek Nagari Lubuk Malako Kecamatan Sangir Jujuan.

Informasi Dinsos PMD, kelainan yang diderita Ameena ini sudah terdeteksi sejak dari dalam kandungan. Namun karena ketidaktahuan dan ketidakmampuan orang tuanya, Ameena tidak mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Sementara orangtua laki-lakinya pun hanya bekerja serabutan dan ibunya hanya seorang ibu rumah tangga. Keluarga inipun juga termasuk dalam keluarga kurang mampu dan terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos RI.

Untuk membantu pengobatan Ameena, pemerintah kabupaten dan Nagari Lubuk Malako telah mengkoordinasikan dengan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Kementerian Sosial Padang.

Setelah mendapatkan pemeriksaan dari dokter RSUD Solok Selatan, akhirnya Ameena dirujuk ke RSUP M. Djamil Padang.

Selama dalam pengobatan di Padang, Ameena difasilitasi oleh Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Kementerian Sosial Padang. Fasilitas ini juga untuk kebutuhan keluarga pendamping selama berobat rawat jalan maupun operasi. (DENO)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img