Dua Tahun Berdiri, Politeknik Negeri Padang di Solsel Terakreditasi Sangat Baik

Padang Aro, investigasi.News – Para siswa tamatan SLTA sederajat khususnya di Solok Selatan, tidak perlu lagi jauh-jauh kuliah ke Padang. Di daerah tersebut, sejak dua tahun silam sudah berdiri Politeknik Negeri Padang (PNP) Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) di Lubuk Malako.

Hebatnya, Politeknik yang berdiri diatas lahan 9,8 Ha tersebut berakreditasi Sangat Baik. Mahasiswanya pun berasal dari berbagai daerah. Hal tersebut terungkap dalam kunjungan Bupati Solok Selatan ke kampus tersebut pada Minggu, (14/1/2024).

“Alhamdulillah kampus PNP PSDKU Lubuk Malako ini terus berkembang, dan saat ini sudah terakreditasi Sangat Baik,. Mahasiswanya tidak hanya berasal dari Solok Selatan, tetapi juga dari berbagai provinsi di Indonesia” terang Wakil Direktur II Politeknik Negeri Padang (PNP) Sarmiadi.

Di PNP Lubuk Malako tambah Sarmiadi  terdapat dua program studi, yakni D3 Teknik Komputer dan D3 Akuntansi. Tenaga dosen sendiri didatangkan dari Politeknik Negeri Padang, dan direkrut juga dari putra-putri Solok Selatan.

Kedepan, Pihak PNP menurutnya juga siap mengembangkan kampus dan membuatnya lebih nyaman, namun masih terkendala dengan beberapa persoalan, termasuk masalah aset.

“Kami dari Politeknik Negeri Padang siap untuk mengembangkan kampus di Lubuk Malako ini. Namun asetnya haruslah terdaftar sebagai aset PNP. Sekang masih tercatat sebagai milik Pemkab Solsel,” jelas Sarmiadi.

Bupati Solok Selatan H.Khairunas didampingi Sekdakab Dr. H. Syamsurizaldi menyampaikan apresiasinya terhadap eksistensi keberadaan PNP di Solok Selatan. Pihaknya juga siap mendukung pengembangan kampus negeri tersebut, termasuk melalui nagari-nagari yang ada.

“Untuk mendukung PNP ini, pihak kenagarian nanti diminta untuk menganggarkan beasiswa, masing-masing dua orang di setiap nagarinya. Kita juga akan usulkan penerimaan CPNS pada formasi D3 Komputer dan D3 Akuntansi, sesuai dengan jurusan yang ada,” dukung Bupati bersemangat.

Terkait aset, akan dikaji lebih lanjut nantinya. Pihak Pemkab siap untuk membicarakan hal tersebut.

“Pak Sekda langsung kita tunjuk menjadi ketua tim guna mengkaji dan merumuskan terkait langkah-langkah rencana pengalihan aset ini. Namun tentu pihak PNP pun juga harus berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan kampusnya di Solok Selatan nantinya,” ujar Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada masyarakat Lubuk Malako yang terus mendukung keberadaan kampus PNP di daerah tersebut. (DENO)

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles