‘Pramuka Jadi Wadah Pembinaan Generasi Muda Untuk Pembangunan’

Padang Aro, investigasi.News – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan Latihan Gabungan dan Kemah Bakti Pramuka oleh Kwartir Cabang 0319 Solok Selatan. Pasalnya, Pramuka dinilai berperan penting dalam pembentukan sumber daya manusia untuk menjadi penerus di masa depan.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Solok Selatan mengatakan Gerakan Pramuka bisa menjadi wadah pembinaan generasi muda agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang disiapkan menjadi kader atau generasi masa depan kita untuk pembangunan.

“Setiap anggota pramuka dididik untuk mempunyai karakter, sikap mental, dan kecakapan hidup untuk menghadapi permasalahan-permasalahan yang ada, bahkan untuk masa yang akan datang,” kata Khairunas dalam pembukaan Kemah Bakti Pramuka di Lapangan Sungai Kunyit Barat, Sangir Balai Janggo, Kamis (1/2/2024).

Menurutnya beragam ilmu dapat dipetik dari kegiatan serupa ini,, mulai dari menumbuhkan rasa kebersamaan dan semangat gotong royong, memupuk jiwa disiplin, hingga membina semangat kebersamaan.

Sejalan, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda sekaligus Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Gerakan Pramuka 0319 Solok Selatan mengharapkan dengan diinternalisasinya Pramuka ke dalam kurikulum pendidikan akan menumbuhkan semangat untuk membuat hidup menjadi lebih bermanfaat bagi lingkungan.

“Hakekat kehidupan apalagi sebagai anggota pramuka, dimana hidup kita ini hendaknya dapat memberi manfaat pada orang lain. Dedikasikan hidup kita ini untuk kemaslahatan orang banyak, karena masih banyak masyarakat dilingkungan kita yang masih hidup serba kekurangan,” kata Zigo pada kesempatan yang sama.

Menurutnya, anggota Pramuka harus bisa menjadi pelopor dalam berbuat untuk kebaikan orang banyak dan juga untuk lingkungan sekitar.

“Demikian pula untuk meraih kesuksesan, dimana orang yang bisa ‘survive’ dalam hidupnya adalah yang mampu beradaptasi dengan perubahan zaman dan bermanfaat untuk lingkungannya,” paparnya.

Adapun kegiatan Latihan Gabungan dan Kemah Bakti Pramuka antar Tingkat se-Solok Selatan ini diikuti oleh anggota Pramuka dari penggalang dan penegak tingkat SD, SMP, dan SMA.

Terdapat lebih dari 210 sekolah yang ikut dalam perkemahan ini dengan jumlah peserta lebih dari 1.500 orang.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama empat hari, yakni mulai 1-4 Februari 2024 nanti.

Dalam kegiatan ini akan dilakukan beragam latihan bersama dengan narasumber yang ahli di bidangnya. Selain itu juga dilakukan lomba pentas seni yang akan diikuti oleh seluruh peserta perkemahan. (DENO)

IKLAN HPN

Related Articles

Iklan hpn
Iklan HPN
Iklan hpn
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles