Sarantau Sasurambi Balimau Momentum Silaturahmi dan Berbagi di Solok Selatan

More articles

spot_img

Padang Aro, investigasi.news- Kegiatan Sarantau Sasurambi Balimau Season III di Solok Selatan dimulai dengan Gowes bersama bupati, start dari Halaman Kantor Bupati Solok Selatan menuju HWB Sapan Maluluang tempat lokasi Balimau.

Bupati Solok Selatan H Khairunas usai Goews dalam sambutannya turut menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

“Terkhusus masyarakat Solok Selatan yang hadir di HWB ini,” kata Khairunas di objek wisata Hot Water Boom (HWB), Sabtu (09/03/2024).

Tradisi Balimau adalah upaya pembersihan diri dalam memasuki bulan suci Ramadhan. Suci lahir dan batin. Ini lah yang menjadikan kegiatan ini sebagai paket lengkap kegiatan yang dikemas dengan berbagai kegiatan.

Khairunas juga menjelaskan melalui even Balimau inilah masyarakat dapat berkumpul bersama, selain itu pelaku UMKM kita juga mendapat keberkahannya.

Kemudian kegiatan yang telah dilaksanakan setelah 3 tahun ini agar senantiasa dilakukan evaluasi.

‘OPD terkait agar mempersiapkan lebih matang lagi. Melalui event ini setidaknya ada pertumbuhan baru yang dirasakan masyarakat,” pungkasnya.

Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Kadis ESDM, Herry Martinus, M.M mengatakan pemerintah Kabupaten Solok Selatan melaksanakan kegiatan dalam mementum yang sangat tepat, yaitu dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

“Kegiatan ini hampir dilaksanakan sebagian besar masyarakat Indonesia, terkhusus Minangkabau,” katanya.

Menyinggung event Sarantau Sasurambi Balimau yang diprogramkan Bupati Solok Selatan, Herry menyebut bahwa even ini menjadi pesta rakyat Solok Selatan.

“Semua akan menjadi manfaat bagi masyarakatnya,” pungkasnya.

Pelaksana Kegiatan, Kepala Dinas Pariwisata, Pamil Ruskamdani mengatakan kegiatan Sarantau Sasurambi Balimau telah masuk dalam kalender even Sumbar 2024.

Paket lengkap melalui Sarantau Sasurambi Balimau yang diberikan kepada masyarakat diantaranya tausiah, hiburan dan pelayanan gratis yang diberikan, mulai pelayanan kesehatan, perizinan, KB, perpustakaan dan lainnya.

Pemerintah juga memanjakan pengunjung dengan memberikan kuliner gratis sebanyak 12.700 porsi.

Selain itu juga penyerahan bantuan pangan dan sembako dari BAZNas Solok Selatan, bantuan bibit tanaman manggis, durian, pinang dan lainnya, penyerahan kursi roda untuk disabilitas, serta hadiah doorpize sembako dan sebanyak 5 unit sepeda bagi pengunjung yang beruntung. (DENO)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img