Bupati Ipuk dan Petugas Kebersihan Tasyakuran Usai Raih Piala Adipura

More articles

spot_img

Banyuwangi, Investigasi.news – Suasana meriah terlihat di Pendopo Sabha Swagata Blambangan pada Rabu (6/3/2024), di mana ratusan pesapon berkumpul untuk merayakan tasyakuran atas raihan Piala Adipura, sebuah penghargaan yang menjadi simbol keunggulan dalam menjaga kebersihan kota dan lingkungan hidup.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, dengan tulus mengungkapkan bahwa penghargaan ini tidak hanya untuk para pejabat, melainkan untuk seluruh warga Banyuwangi yang telah bersatu padu dalam upaya mengatasi persoalan sampah di daerah mereka.

Ipuk secara khusus mengapresiasi peran pesapon sebagai garda terdepan dalam menangani sampah, yang telah dengan gigih bekerja untuk mengurai permasalahan sampah di kota tersebut. Dia juga mendorong kampanye gaya hidup bersih sebagai langkah untuk mengurangi beban kerja pesapon dan menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu, Ipuk menjelaskan bahwa penilaian Adipura tidak hanya didasarkan pada kebersihan fisik kota, tetapi juga mencakup aspek tata kelola sampah secara menyeluruh, upaya pengurangan sampah, dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan.

Kabupaten Banyuwangi telah mencapai prestasi besar dengan mencatatkan pengurangan sampah sebesar 92.260,89 ton/tahun pada tahun 2023. Di samping itu, telah dibangun 19 Tempat Pengumpulan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS3R), yang akan terus ditingkatkan di masa yang akan datang.

Salah satu contoh sukses dari pengelolaan sampah adalah TPS3R di Tembokrejo, Muncar, yang telah diakui dengan Plakat Adipura atas kemampuannya dalam mengelola sampah dengan efisien. TPS3R ini tidak hanya berhasil mengelola sampah dengan baik, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat, dengan melibatkan sekitar 40 pekerja di bawah pengelolaan BUMDESMA.

Pesapon dengan bangga menyambut prestasi ini sebagai apresiasi atas kerja keras mereka sehari-hari. Mereka juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, sebagai langkah kecil namun berarti dalam menjaga lingkungan yang bersih dan sehat.

Guh

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img